Plt Bupati Sidoarjo ajak masyarakat amalkan nilai-nilai Pancasila

BATAMCLICK.COM : Plt Bupati Sidoarjo Subandi mengajak seluruh elemen masyarakat daerah itu untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila adalah pijakan utama dalam merajut persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga, menjadi kewajiban kita semua untuk bertanggung jawab menjaga keutuhan dan keberagaman Indonesia,” ujar Subandi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu.

Ia mengatakan upacara yang mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” ini memiliki makna bahwa semua harus bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Cen Sui Lan Perjuangkan Program Internet Desa di Kemendesa PDTT

“Terutama bagi generasi penerus bangsa agar tidak meninggalkan makna Pancasila, berjuang untuk Kabupaten Sidoarjo dengan berpegang teguh pada nilai-nilai inklusifitas, toleransi, dan gotong royong,” ucapnya.

Ia berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat memperkuat semangat kebangsaan dan persatuan di Kabupaten Sidoarjo.

“Semoga Kabupaten Sidoarjo terus menjadi kabupaten yang rukun dan guyub, yang terjalin antara masyarakat dan pemerintah, bekerja sama demi kemajuan Sidoarjo,” ucapnya.

Ia mengatakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila, yaitu menjalin kerukunan antar-umat beragama dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga terwujud ketentraman bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Senator AS desak Biden pertimbangkan sanksi untuk Menkeu Israel

“Kami berharap pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Kabupaten Sidoarjo,” katanya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sidoarjo, TNI AD, TNI AL, ASN Kabupaten Sidoarjo, Organisasi Masyarakat, serta pelajar di Kabupaten Sidoarjo.

Sumber : Antara