Pemprov harap nilai Pancasila tertanam di jiwa generasi muda Papua

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Provinsi Papua berharap nilai Pancasila dapat tertanam di setiap jiwa generasi muda Bumi Cenderawasih.

Penjabat Sekda Papua Derek Hegemur di Jayapura, Sabtu mengatakan untuk itu pihaknya mendorong semua pihak terkait untuk menanamkan nilai-nilai pancasila kepada semua anak bangsa, lebih khusus generasi muda.

“Karena Pancasila, merupakan ideologi terbaik bagi bangsa Indonesia yang di dalamnya terkandung nilai-nilai wawasan kebangsaan,” katanya.

Menurut Derek, saat ini generasi muda Papua juga mempunyai andil besar untuk pembangunan sehingga perlu diperkuat nilai kebangsaannya apalagi sekarang media informasi itu luas, siapa pun bisa akses dimana dan kapan saja.

BACA JUGA:   Profesionalitas Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 0718/Pati Tidak Diragukan Lagi

“Pancasila harus jadi dasar, walau saat ini dengan terbuka informasi secara luas,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan memperkuat nilai-nilai Pancasila maka generasi muda tidak kehilangan identitas, komitmen dengan nilai Pancasila serta menyaring semua informasi yang tidak sesuai dengan budaya dan semangat bangsa ini.

“Generasi muda memiliki kemudahan terhubung dengan banyak orang dari beragam belahan dunia sehingga berpotensi berpikir secara. Keterbukaan informasi bagi generasi muda sangatlah baik karena dapat menerima berbagai pandangan dan pola pikir, yang menyebabkan mereka mudah menerima keragaman dan perbedaan pandangan akan suatu hal,” katanya.

BACA JUGA:   Acungkan Pistol dan Rampas Handphone, 2 Koboy Dibekuk Tim Beruang

Dia menambahkan untuk itu penerapan nilai Pancasila di momen Hari Lahir Pancasila ini sangat penting bagi seluruh anak muda Papua agar tidak dapat melunturkan cara pandang terhadap nilai-nilai luhur Pancasila, di mana fenomena inilah yang mesti diwaspadai mengingat generasi milenial adalah calon penerus bangsa di masa mendatang.

Sebelumnya, telah dilakukan upacara Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang bertempat di Halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (1/6).

Sumber : Antara