Ketua DPRD Belitung: Semangat Pancasila harus tetap menyala

BATAMCLICK.COM : Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori mengatakan bahwa semangat Pancasila harus tetap menyala dalam jiwa para generasi muda di daerah itu.

“Semangat Pancasila harus tetap menyala dan berkobar di dalam jiwa para generasi muda sekarang ini,” katanya saat menanggapi peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, Pancasila adalah landasan dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang lahir dari perenungan mendalam sosok bapak bangsa Soekarno ketika diasingkan di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA:   Achraf Hakimi Positif COVID-19

“Pancasila merupakan hasil penggalian dan perenungan mendalam Bung Karno semasa beliau diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Ansori mengatakan, sebagai warisan dari hasil perenungan mendalam sosok Bung Karno dan melahirkan lima butir yang begitu indah, maka semangat Pancasila tersebut tidak boleh padam dan memudar.

“Api semangat Pancasila harus tetap menyala dan tak boleh padam sehingga nilai-nilai filosofis Pancasila dapat terus lestari dan diimplementasikan sampai detik ini,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya menilai penting untuk dilakukan sosialisasi, revitalisasi, dan aktualisasi kembali nilai-nilai Pancasila agar terus tetap menyala.

BACA JUGA:   TNI AL Siapkan Personil dan Alutsista Bantu Polri Amankan Nataru

“Baik melalui lembaga pendidikan di sekolah maupun kegiatan sosialisasi bagi ormas dan masyarakat umum demi menjaga api semangat Pancasila agar tetap menyala,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pancasila juga menjadi perekat keberagaman dan kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku, budaya, dan adat istiadat.

“Pancasila yang mengilhami persatuan bangsa Indonesia sampai sekarang kalau tidak maka akan banyak sekali terjadi konflik horizontal dan vertikal,” katanya.

Sumber : Antara