Kemenkumham Babel: Pancasila sebagai ideologi aparatur bekerja

BATAMCLICK.COM : Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto menegaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi aparatur pemerintah bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita harus menjiwai dan memedomani Pancasila dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Harun Sulianto saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa ini dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju mandiri dan berdaulat.

BACA JUGA:   Jokowi dan Prabowo Disebut Jadi Saksi Nikah Atta Halilintar - Aurel

“Pancasila ini harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi dalam bekerja memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, khususnya Kepulauan Babel,” katanya.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, aparatur juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

“Kita patut bersyukur, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya.

Menurut dia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA:   Rusak Fasilitas Masjid, Seorang Pria Ditangkap Polisi

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada, mari kita untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Ia menyakini dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” harapnya.

BACA JUGA:   92 Persen PPKM Tingkat RT dan RW di Batam Sudah Terbentuk

Bertindak sebagai Perwira Upacara pada kesempatan ini yaitu Kepala Bidang HAM Suherman dan Komandan Upacara Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Andri Ferly.

Sumber : Antara