Dani Ramdan: Pancasila modal menuju Indonesia Emas 2045

BATAMCLICK.COM : Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyatakan Pancasila merupakan modal bagi generasi muda menuju visi Indonesia Emas 2045 selain telah membuktikan mampu menyatukan nusantara sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila menjadi bekal kita, modal untuk meraih visi Indonesia Emas di tahun 2045,” katanya saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Cikarang, Sabtu.

Ia mengatakan nilai-nilai dan semangat Pancasila terbukti mampu mempersatukan anak bangsa dari beragam suku, bahasa, dan agama. Pancasila juga berhasil menjadi perekat bangsa saat diterpa berbagai permasalahan.

“Sejak Indonesia merdeka, beberapa kali bangsa kita terancam disintegrasi, tetapi karena Pancasila, kita masih menjadi bangsa yang besar hingga saat ini,” katanya.

BACA JUGA:   RUPST Telkom Tahun Buku 2022 FMC Disetujui, Telkomsel Fokus Perkuat Bisnis Broadband TelkomGroup

Segenap lapisan masyarakat Kabupaten Bekasi pun selayaknya patut menghargai jasa-jasa para pahlawan serta pejuang pendahulu atas sumbangsih melahirkan Pancasila sebagai tatanan kehidupan bermasyarakat.

“Bersyukur tak terhingga memiliki pahlawan-pahlawan bangsa yang mampu membangun pondasi sempurna untuk anak, cucu, dan generasi mendatang. Terima kasih para pejuang, jasamu tak ternilai harganya,” ucap dia.

Dalam konteks politik daerah, nilai-nilai Pancasila sangat dibutuhkan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2024 mengingat Pancasila mengajarkan kita untuk mampu menerima perbedaan dengan tetap bersatu, bahu-membahu, bergotong royong memajukan Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:    JCI ASPAC 2023, Kesempatan Baru unik untuk Membangun Negeri

“Implementasi pengamalan nilai-nilai Pancasila sangat dibutuhkan karena di situ ada persatuan, cinta tanah air, gotong royong, ada demokrasi. Kalau itu semua dihayati, Pilkada kita akan lancar, sukses, sebagaimana kita juga sukses saat melaksanakan Pemilu 2024,” katanya.

Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Riyanto menekankan kepada generasi muda di Kabupaten Bekasi untuk selalu mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa serta perbuatan sehari-hari.

“Di hari Lahir Pancasila ini saya juga mengajak kepada seluruh umat beragama di Kabupaten Bekasi untuk menjaga toleransi dan mengedepankan persamaan sehingga antar umat beragama bisa berjalan kondusif dan saling nyaman,” kata dia.

BACA JUGA:   Korban Meninggal Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 14 Orang

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 tingkat Kabupaten Bekasi juga turut dihadiri legiun veteran, aparatur sipil negara, tokoh masyarakat, pemuka agama, organisasi kepemudaan, forum pembauran kebangsaan, serta para pelajar.

Sumber : Antara