Pemkab Kotawaringin Timur sewa pesawat antar jemput haji ke embarkasi

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), menganggarkan sekitar Rp1 miliar untuk sewa pesawat yang digunakan antar jemput calon jamaah haji menuju dan dari Embarkasi Syamsudin Noor di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Tahun ini kami anggarkan Rp1 miliar untuk sewa pesawat dua kali pulang pergi mengantarkan calon jamaah haji menuju dan dari embarkasi,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kotawaringin Timur Rihel di Sampit, Rabu.

Pihaknya bersama sejumlah pemangku kepentingan telah melaksanakan rapat terkait keberangkatan haji tahun 2024 dan menyepakati Pemkab Kotawaringin Timur kembali menyewa pesawat dari Nam Air dengan rute Sampit-Banjarmasin untuk dua kali penerbangan.

BACA JUGA:   Head to Head Tottenham Vs MU

Kemudian setibanya di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, para calon jamaah haji akan diantar menuju asrama haji menggunakan bus Damri, sedangkan untuk angkutan barang seperti koper dan tas dari Sampit menuju asrama haji menggunakan truk.

“Mekanisme ini diharapkan dapat meminimalisir kelelahan dari jamaah akibat perjalanan menuju embarkasi. Karena perjalanan mereka menuju Madinah masih panjang,” ucapnya.

Program sewa pesawat untuk antar jemput jamaah haji ini mulai dilaksanakan Pemkab Kotawaringin Timur pada 2022 sebagai bentuk perhatian pemkab kepada para jamaah yang sebelumnya harus menempuh perjalanan lebih dari delapan jam menuju embarkasi di Kalsel, yang dikhawatirkan membuat jamaah kelelahan.

BACA JUGA:   Keliling Kecamatan, Marlin Buka Pelatihan Tata Rias

Dengan bantuan ini pihaknya berharap para jamaah bisa lebih khusyuk beribadah dan pulang ke Tanah Air dalam kondisi sehat.

Adapun jumlah calon jamaah haji dari Kotawaringin timur sebanyak 161 orang terdiri atas 74 laki-laki dan 87 perempuan. Selain itu ada tiga Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan mendampingi, sehingga total yang diberangkatkan 164 orang.

Mereka dijadwalkan mulai memasuki asrama UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada 18 Mei 2024 pukul 09.00 WITA dan akan tergabung dalam Kloter BDJ 6 bersama calon jamaah haji Kabupaten Kapuas dan Katingan. Kloter BDJ 6 dijadwalkan berangkat menuju Madinah pada 19 Mei 2024.

BACA JUGA:   Dinas Kominfo Batam Siapkan Layanan streaming Nuzulul Qur'an 1442 Hijriah

Calon haji Kotawaringin Timur baru telah menyelesaikan manasik haji yang digelar Kemenag setempat dari 22-29 April 2024 di Kompleks Islamic Center Sampit untuk mendapat pembekalan terkait tata cara haji, doa, dan aturan yang berlaku. Selain itu mereka juga mendapat vaksin meningitis dari Dinas Kesehatan.

Sumber : Antara