Pemkab Donggala mempermudah masyarakat dapatkan kebutuhan bahan pokok

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng), mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan bahan pokok di daerah itu.

“Adanya gerakan pangan murah tentu akan dapat membantu masyarakat di Kabupaten Donggala baik di kalangan bawah maupun kalangan menengah dalam memenuhi kebutuhan pokoknya,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala Rustam Efendi di Donggala, Rabu.

Dia menuturkan saat ini untuk di Kabupaten Donggala terjadi perubahan harga khusus (fluktuasi) karena permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat cenderung lebih meningkat dan mengakibatkan pada kenaikan harga.

BACA JUGA:   Pelda Sukarbin Idola Ibu-ibu Tamansari

“Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat terutama kalangan keluarga kurang mampu, makanya Pemerintah Kabupaten Donggala gencar melakukan gerakan pangan murah dengan tujuan memudahkan masyarakat mendapatkan bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga relatif terjangkau,” ucapnya.

Kata Rustam, gerakan pangan murah merupakan salah satu langkah konkret dalam memberikan akses kepada masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan mudah.

“Kegiatan pangan murah bisa memberikan akses kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas dan terjangkau dari harga pasar sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Donggala atas kondisi perekonomian masyarakat yang sedang mengalami inflasi, sehingga berpengaruh pada kenaikan harga pangan tentu membuat daya beli masyarakat berkurang,” ujar Sekretaris Kabupaten Donggala.

BACA JUGA:   Masih Seringnya Turun Hujan, Marfu'ah Tanam Cabai Di Kebun Miliknya

Rustam menambahkan gerakan pangan murah tidak hanya menjadi program nasional juga telah merupakan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Donggala untuk penanganan inflasi di daerah itu.

Menurut Sekda Donggala, saat ini ada beberapa kebutuhan pangan pokok yang terjadi kenaikan harga yang dapat berdampak pada warga kurang mampu.

“Pemerintah daerah pun fokus menggandeng dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait sebagai wujud potensi pengelolaan keuangan daerah dalam hal penanganan inflasi yang bergejolak,” kata Rustam.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pangan murah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan tidak berlebihan saat membelinya.

BACA JUGA:   Arnautovic Diskors 1 Laga

“Tujuan lain adanya gerakan pangan ini dapat mempererat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Donggala dengan masyarakat,” tutur Rustam Efendi.

Sumber : Antara