Perayaan 20 Tahun Cladtek: Membangun Kolaborasi untuk Masa Depan Berkelanjutan

Kiri: Iban Salda Safwan, Senior Vice President People & Culture Cladtek Group: Kanan: Taufik Aditiyawarman, Chairman of IAFMI
Kiri: Iban Salda Safwan, Senior Vice President People & Culture Cladtek Group: Kanan: Taufik Aditiyawarman, Chairman of IAFMI

BATAMCLICK.COM: Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Cladtek, perusahaan pipa pelapis terbesar di Indonesia mengumumkan logo HUT ke-20 dengan tema: “Membangun Masa Depan Berkelanjutan 20 Tahun Inovasi Tambahkan.” Hal ini mencerminkan komitmen Cladtek untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya dengan menjaga relevansi dan pertumbuhan berkelanjutan demi manfaat industri manufaktur di Indonesia dan secara global.

Peringatan HUT ke-20 Cladtek memiliki makna istimewa karena untuk pertama kalinya Cladtek setuju untuk menandatangani Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI). Kerjasama ini sangat penting dan strategis karena memungkinkan para profesional fasilitas produksi minyak dan gas bumi dari hulu, tengah, hingga hilir untuk berbagi ide, pengetahuan, pembelajaran, dan praktik terbaik di bidang mereka secara bersama-sama.

“Ikut berkomitmen untuk tumbuh secara berkelanjutan bersama masyarakat dan bangsa, Cladtek yang telah hadir selama 20 tahun di Indonesia berharap mendapatkan dukungan penuh dari IAFMI, khususnya dalam pengembangan organisasi, sumber daya manusia, dan teknologi,” ujar Iban Salda Safwan, Wakil Presiden Senior Bidang Sumber Daya Manusia & Budaya Organisasi Grup Cladtek. Iban yakin, dengan kerjasama tim yang kuat, kedua belah pihak dapat mewujudkan aspirasi dan harapan mereka.

BACA JUGA:   Juara La Liga Jatuh Di Tangan Atletico Madrid

“Kerjasama dengan PT. Cladtek BI Metal Manufacturing merupakan bagian dari tanggung jawab IAFMI dalam mendukung pengembangan teknologi dan keahlian SDM lokal,” tambah Taufik Aditiyawarman, Ketua IAFMI. Dengan demikian, kehadiran IAFMI diharapkan dapat mendorong Cladtek untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan memperkuat peran tenaga kerja lokal dan domestik demi tetap menjadi pelopor pertumbuhan berkelanjutan Cladtek di masa depan.

Untuk mempererat hubungan antara kedua belah pihak, pada hari Minggu, 28 Januari 2024 lalu, Cladtek dan IAFMI bersama-sama mengadakan “Hari Golf Peringatan HUT ke-20 Cladtek” di Modern Golf & Country Club, Tangerang, Jawa Barat. Turnamen golf ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Cladtek, disamping Turnamen Futsal/Sepak Bola bersama karyawan dan masyarakat setempat yang akan berlangsung sepanjang Februari 2024.

Perayaan HUT ke-20 Cladtek direncanakan akan dilaksanakan secara serentak di 3 negara: Batam, Indonesia; Dammam, Arab Saudi; dan Rio De Jainero, Brasil. Di Indonesia, acara puncak akan berlangsung pada hari Selasa, 6 Februari 2024, di Swiss-Belhotel, Harbour Bay, Batam. Acara tersebut akan dihadiri oleh pendiri Cladtek Paul Montague, CEO Grup Lee Wilson, para pakar energi, perwakilan teknologi nasional, mitra bisnis, perwakilan pemerintah setempat di Batam, serta karyawan Cladtek.

BACA JUGA:   Panasnya Terik Mentari tidak Mematahkan Semangat Untuk Merenofasi Atap Masjid

Tentang Cladtek

Cladtek (https://cladtek.com/) adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam industri logam. Berlokasi di Batu Ampar, Batam, Indonesia, Cladtek memiliki kuota produksi pipa pelapis terbesar di Indonesia. Salah satu produk pipa MLP-nya termasuk yang terbesar di dunia.

Didirikan oleh Paul Montague pada Desember 2003, Cladtek awalnya hanya sebuah pabrik kecil dengan fasilitas sederhana. Namun, perusahaan ini telah berkembang secara global, dengan fasilitas manufaktur tidak hanya di Batam, Indonesia, tetapi juga di Brasil dan Arab Saudi.

Di usianya yang ke-20, fasilitas manufaktur di Batam telah diperluas untuk mendukung inovasi produk yang signifikan dan mendukung berbagai proyek strategis nasional dan internasional. Fasilitas di Rio De Janeiro, Brasil, didedikasikan untuk kapasitas produksi MLP dengan berbagai inovasi, sementara fasilitas di Dammam, Arab Saudi, merupakan lokasi produksi baru, dengan produksi dimulai pada tahun 2019.

BACA JUGA:   Meski Unggul di Rekapitulasi Suara, Endipat Wijaya Tetap Tunggu Keputusan KPU

Lebih dari 95% produk Cladtek-Batam diekspor. Spesialisasi dalam Corrosion Resistant Alloy (CRA), PT Cladtek memproduksi CRA menggunakan tipe MLP dan Weld Overlay khusus untuk fasilitas minyak & gas seperti sumur gas atau minyak. Hingga saat ini, Cladtek termasuk salah satu pemasok las Corrosion Resistant Alloy (CRA) dan pipa berlapis mekanik terbesar di dunia.

Dengan portofolio yang mencakup teknik Cladding dan Weld Overlay untuk kapal, kepala piring, dan semua komponen terkait, serta pipa berlapis bi-metal, Cladtek berkomitmen untuk terus meningkatkan sertifikasi TKDN sesuai dengan kebijakan pemerintah. Nilai TKDN yang dicapai bervariasi dari sekitar belasan persen hingga sekitar 50%, tergantung pada jenis produknya, dengan nilai tertinggi mencapai 53%.