Nobby Stiles Meninggal Dunia

Batamclick:Kabar duka datang dari sepakbola Inggris. Salah satu legenda Manchester United dan pemenang Piala Dunia 1966, Nobby Stiles, meninggal dunia.

Stiles wafat dalam usia 78 tahun, Jumat (30/10/2020) waktu setempat. Pria kelahiran Manchester itu sebelumnya sudah sakit dalam waktu lama, di antaranya kanker prostat dan dementia.

“Keluarga Stiles dengan perasaan sedih mengumumkan bahwa Nobby Stiles meninggal dengan tenang hari ini (30/10/2020), dikelilingi oleh keluarganya setelah menderita sakit yang berkepanjangan,” tulis pernyataan keluarga, sebagaimana dikutip Sky Sports.

BACA JUGA:   2 Artis Ini Dukung Pilkada di Tengah Pandemi, Siapa?

Stiles merupakan andalan MU semasa aktif bermain. Ia sebelas musim berseragam Setan Merah, dari tahun 1960 hingga 1971. Prestasi terbaiknya yakni meraih gelar juara Liga Inggris dua kali, yakni pada 1965 dan 1967.

Tak hanya itu, ia merupakan generasi yang berhasil memenangi Piala Champions 1968 dengan menumbangkan Benfica 4-1, yang merupakan gelar perdana MU di kancah Eropa. Ia lalu pindah ke Middlesbrough kemudian pensiun di Preston North End.

BACA JUGA:   Ditemukan Tak Bernyawa, Perempuan Ini Tinggalkan Pesan: Cari Aku di Pantai Selatan

Sementara di level internasional, ia tampil 28 kali bersama Timnas Inggris dan menjadi juara Piala Dunia 1966. Pada ajang yang digelar di negeri sendiri itu, Stiles selalu tampil di setiap laga, mulai dari fase grup hingga final, di mana Inggris mengalahkan Jerman Barat 4-2.

Selepas pensiun, Stiles beralih menjadi pelatih. Ia pernah menangani Preston North End, Vancouver Whitecaps, dan West Bromwich Albion. Namun salah satu highlight karier manajerialnya yakni saat melatih tim muda MU selama pada 1989-1993.

BACA JUGA:   Ustaz Maaher Ditangkap Polisi, Nikita Langsung Berkomentar Pedas!

Saat itu, ia ikut memoles nama-nama semacam Ryan Giggs dan Gary Neville, yang kelak dipromosikan ke tim utama dan akhirnya pensiun sebagai legenda MU.