Pasang Air Laut Hambat Normalisasi Sungai di Sagulung

BATAMCLICK.COM, Normalisasi drainase cukup ampuh mengatasi banjir. Saat ini, Balai wilayah Sungai IV Kepulauan Riau (Kepri) sedang melakukan normalisasi Sungai Pelenggut. Yang mana sungai yang membentang di Kecamatan Sagulung ini di rencanakan menjadi tempat wisata.

Ketua Komunitas Pecinta Sungai Kota Batam, Aditya mengatakan, pengerjaan normalisasi sungai di Sagulung sedikit terganggu, sebab saat ini air laut sedang pasang.

“Jadi ini yang membuat pengerjaan sedikit lambat, sebab air sedang pasang, bahkan dari siang sampai sore,” kata Aditya, Senin (30/11).

BACA JUGA:   5 Warga Batam Kembali Dinyatakan Positif Covid-19

Dia juga mengatakan, selain air laut yang sedang pasang, bangunan di bibir sungai juga membuat truk pengangkut tanah tidak bisa bebas beroperasi.

“Tanah hasil kerukan harus dikumpulkan di satu tempat, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar,”kata Aditya.

Adiya menuturkan, pengerjaan normalisasi sungai akan berlangsung beberapa hari ke depan. Di pastikan terusan sungai yang berada di perbatasan Kelurahan Sei Langkai dan Sei Pelenggut itu akan bersih dari sampah.

BACA JUGA:   Belanja Murah di Pasar TPID 2 Dreamland

“Jika sudah dikeruk, maka air akan mengalir lancar, sebab ini menjadi sungai terbesar dan harus terus diperhatikan,” tutupnya.

Pantauan di lokasi, normalisasi ini melibatkan dua unit excavator amfibi. Sungai yang dulunya dangkal sudah mulai dalam, setelah dikeruk.

Nia, warga sekitar memgatakan, pengerjaan normalisasi sungai sudah dimulai seminggu lalu. Namun sepengetahuannya, pengerjaan sedikit lambat karena saat ini sedang musim air pasang.

BACA JUGA:   Sampah Ini yang Jadi Penyebab Batuaji Kerap Banjir

“Kita berharap normalisasi rutin dilakukan. Tapi normalisasi kali ini sedikit terganggu karena faktor alam, yakni air pasang,” ungkapnya.

Sepengetahuan Nia, di pinggiran sungai ini akan dijadikan tempat wisata taman jogging. Oleh karena itu, sungai Sagulung harus terus ditata supaya rencana tersebut dapat berjalan lancar.

“Lambat laun, kawasan Sagulung, khusunya pinggiran sungai akan terlihat cantik,” tutupnya.

Sumber: POSMETRO