Hari Ini, Kemendikbud Salurkan Bantuan Kuota Gratis Terakhir 2020

Batamclick.com : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyalurkan pemberian bantuan kuota gratis terakhir di hari ini, Senin (30/11/2020). Bantuan kuota gratis internet yang diberikan ini akan selama dua bulan sekaligus, yakni November dan Desember.

Penyaluran bantuan kuota gratis, demi mendukung pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yang dilakukan siswa, guru, mahasiswa, maupun dosen. Tentunya, pelaksanaan ini demi memerangi rantai penyebaran Covid-19 di dunia pendidikan maupun perguruan tinggi.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi, Muhammad Hasan Chabibie mengatakan, berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, distribusi kuota bulan November dan Desember, akan didistribusikan sekaligus pada November.

“Untuk itu, bagi seluruh peserta didik dan tenaga pengajar mohon dimanfaatkan bantuan kuota data internet ini untuk keperluan belajar,” kata dia melansir laman Kemendikbud.

BACA JUGA:   Sah, Reza Zakarya Resmi Menikah dengan Valda Alviana

Sebagaimana diketahui, bantuan kuota gratis dari Kemendikbud untuk bulan November dan Desember akan cair di tanggal 22-24 November 2020. Pencairan tersebut merupakan tahap pertama, sedangkan tahap kedua akan berlangsung pada 28-30 November 2020.

Bantuan kuota gratis ini telah berjalan sejak September 2020. Memang rencana awal bantuan kuota gratis ini diberikan selama 4 bulan.

Dalam petunjuk teknis bantuan kuota gratis telah diterangkan, bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada

BACA JUGA:   Viral Polisi Menyamar Jadi Penjual Martabak, Publik: Keburu Buka Cabang Nih
http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Kuota gratis berlaku 75 hari
Kuota gratis selama dua bulan ini akan berlaku hingga 75 hari, terhitung sejak kuota gratis diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Adapun paket kuota gratis untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB perbulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota gratis sebanyak 35 GB perbulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Paket kuota gratis untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB perbulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Paket kuota gratis untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB perbulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

BACA JUGA:   Guguran Awan Panas Gunung Semeru Kembali Menerjang, Ini Penjelasan BNPB

Pastikan nomor penerima kuota gratis
Bila pencairan kuota gratis tahap akhir ini belum diterima, maka kepala sekolah maupun satuan pendidikan di kampus harus benar-benar bisa memastikan kebenaran nomor ponsel guru, siswa, mahasiswa, dan dosen yang akan menerima bantuan kuota gratis.

Lalu, pastikan verifikasi dan validasi nomor ponsel, demi memastikan nomor ponsel yang didaftarkan adalah nomor yang tepat, sehingga tidak salah kirim atau tidak memperoleh sama sekali bantuan kuota gratis di periode akhir ini.

Bila ada peserta didik dan tenaga pendidik yang belum memperoleh bantuan kuota gratis, maka bisa melapor ke operator sekolah, kepala sekolah, maupun satuan pendidikan di perguruan tinggi

Sumber: kompas.edu