GTK Gelar Lomba Inovasi Video Pembelajaran

Batamclick.com: Video kini menjadi salah satu terobosan media pembelajaran yang mampu menghadirkan pembelajaran menyenangkan bagi siswa, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Melihat hal ini, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) Kemendikbud melalui Direktorat GTK Pendidikan Dasar menggelar “Sayembara Video Pendek Materi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19”.

Lomba video pembelajaran jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbuka untuk lintas mata pelajaran.

“Media pembelajaran, salah satunya video, sangat dibutuhkan. Apalagi, era sekarang yang mangarah pada digitalisasi memudahkan orang mengambil media pembelajaran dari mana saja untuk diaplikasikan di tempat mereka masing-masing,” ungkap Direktur GTK Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto.

Hal ini disampaikan Rachmadi dalam penutupan dan pengumuman pemenang kompetisi video pembelajaran yang digelar secara daring pada 24 November 2020.

Selain memberikan apresiasi kepada para guru yang telah melakukan inovasi kreatif, Rachmadi mendorong agar guru terus berkarya dan saling berbagi praktik baik media pembelajaran.

BACA JUGA:   Geger! Wanita Muda Ditemukan Tewas Telanjang di Homestay

“Silahkan untuk terus berkarya, membangun komunitas dengan media pembelajaran yang akan membantu guru-guru yang lain,” pesan Rachmadi.

Merdeka Belajar lewat video inovatif
Romi Siswanto, Humas GTK Pendidikan Dasar dan Ketua Pelaksana, menyampaikan dalam kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ini diikuti 1.491 peserta, terdiri dari 869 guru SD dan 622 guru SMP.

Ia menjelaskan, pendaftaran video peserta telah dibuka sejak 12 Oktober hingga 20 November 2020, kemudian dilanjutkan penilaian video pada 21-24 November 2020.

“Masa pandemi Covid-19 saat ini, pendidikan jarak jauh di mana peserta didik terpisah dari guru dan pembelajarannya mengharuskan guru dan peserta didik menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain, termasuk video pembelajaran,” ungkap Romi.

BACA JUGA:   Tragis! Rumah Korban Sriwijaya Air SJ 182 Dibobol Maling

Romi menyampaikan, “kondisi pandemi menjadi salah satu momen dan kesempatan guru memberikan pembelajaran inovatif, menarik, dan efektif melalui pemanfaatan media pembelajaran yang dapat diakses dan digunakan selama pandemi, yaitu menggunakan video sebagai salah satu sarana pembelajaran bagi peserta didik.”

Melihat antusiasme yang ditunjukan peserta tahun ini, ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin guna menjadi pemantik para guru untuk terus mengasah kreativitas dan menghasilkan beragam inovasi dalam media pembelajaran.

Hal ini sejalan dengan semangat yang ingin diusung GTK dalam tema Hari Guru Nasional 2020, yakni “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”, pungkas Romi.

Pemenang lomba video pembelajaran
Direktur GTK Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto dalam pengumuman Sayembara Video Pendek Materi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 (24/11/2020).

BACA JUGA:   Real Madrid Salah Banget Jual Achraf Hakimi

Berdasarkan rilis GTK Pendidikan Dasar, berikut para pemenang “Sayembara Video Pendek Materi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19” tahun 2020:

Jenjang SD

-Retmaniar Karima, SDN Sawahjoho 01 Kab. Batang, Jawa Tengah
-Lina Hasnawati, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Kuala Lumpur, Malaysia
-Desi Arianto, SD IT Nurul Huda, Kab. Kediri, Jawa Timur
-Dedek Kurniawan, SDN 132409 Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara
-Devy Lorela, SD An-Nisaa, Kota Tangerang Selatan, Banten

Jenjang SMP

-Suhardin, SMP Negeri 17 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
-Nuvis Melodiana Fitriyah, SMP Negeri 4 Krui Kab. Pesisir Barat, Lampung
-Afif Abdillah, SMP Al-Hikmah Sidoarjo, Jawa Timur
-Arum Puri Suryandari, SMP Negeri 23 Kota Tangerang, Banten
-Yudhia Andika, SMP El-Ma’arif Boarding School Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat

Sumber: kompas.edu