Kancing Baju Neneng

Halo epribadi sebangsa tanah dan sebangsa air, jumpa lagi dengan Santo Sapi, si manusia paling ganteng, paling baek, paling manis dan paling imut versi simbokku tentu saja.

Sebelom acara ngibul bin nggedabrusnya dimulai, saya mau nanya ke ente semua, hai epribadi. Kira-kira, bisnis jualan bodi sekarang udah mulai rame lagi apa masih
sepi ya?

Pusing neh guwe, udah kismin tiada tandingan.

Guwe kudu buru-buru jualan bodi, diskon 70 persen dah buat yang tanpa nawar.

Dan tetep pake garansi kok, tenang
ajah, kena gigi uang kembali.

Dijamin gak bakal kena razia satpol PP dah. Parit tempat guwe mangkal sekarang mangkin rimbun, cocok buat tempat ngumpet.

Lagi asoy-asoynya, membayangkan dunia perindehoian. Bruakkk…! Pintu dibuka lalu dibanting lagi.

Brewok dengan tergopoh-gopoh, buru-buru masuk kamar lalu nyumput di bawah ranjang.

Belom habis kekagetan guwe, tiba-tiba Kuping caplang guwe langsung budeg, gegara mendengar suara nyaring kayak kaleng roti isi rengginang, yang jatuh ke
lantai tiba-tiba tereak-tereak di depan pintu.

”Om Sapi…, papinya Gendon ada enggak?” kata tuh suara.

Mata guwe beralih ke kolong tempat tidur, mata Brewok melotot ke guwe, jari telunjuknya ngacung di depan bibir. Lalu kepalanya geleng-geleng.

”Kenapa emangnya,Til?” tanya guwe ke si Mutil yang masih ngomel-ngomel di depan pintu.

”Bilangin ke si Brewok kopet itu, enggak usah pulang aja sekalian, suruh dia balik ke rumah sundel bolongnya aja sana!! Udah pulang ngojek enggak bawa duit, lha ini, kok malah nyimpen kolornya cewek di kantong jaket.” Mutil terus aja ngomel-ngomel di depan pintu.

”Sapiii… bukain pintunya!!” Bruak..bruakk..bruakkk! Mutil Ngegebrak-gebrak pintu.

Guwe ngelirik ke arah Brewok lagi, bapaknya Gendon geleng-geleng kepala, nyuruh guwe untuk enggak ngebukain pintu untuk Mutil.

Ngilustrasi jangan ngebanyangin..wkwkwk

”Tu lah kelakuan orang kegatelan, elu yang keganjenan, pintu rumah guwe yang bakal jebol,” telunjuk guwe nunjuk-nunjuk ke si Brewok.

”Mas Brewokmu enggak ada di sini, Til. Palingan nyumput di tempat si Kampret. Cari aja di sana!” Sahut guwe ke si Mutil..

”Awas ya kamu sapi, kalo sampe kamu nyumputin si Brewok kopet. Kubikin tambah pesek hidungmu.” jawab Mutil sambil pergi.

Pas Mutil Upil sekutil pergi, Brewok keluar dari kolong ranjang. Sambil garuk-garuk belakang kepalanya, tuh orang cengar-cengir mamerin jigongnya.

”Makasih ya Pi, elu baek dah. Guwe doain elu cepet laku ya Pi, tapi jangan dapat yang kayak bini guwe, tersiksa!” kata Brewok.

”Kesiksa nenek lu disko! Bini elu jadi kayak Mak Lampir kan gegara elu juga, udah punya anak bini tapi sok kegatelan! Kolor siapa itu yang di jaket elu?! kata guwe dengan mata melotot tapi penuh keanggunan.

”Enggak tau!”

”Lah…enggak tau bijimana? Jelas-jelas elu yang make jaket, kok enggak tau. Emang bisa, tuh kolor terbang sendiri masuk ke jaket? Elu kalo stupid jangan over dosis, ngapa? Guwe tepok jidat botak guwe, memikirkan keonengan si Brongsongan Kentut yang enggak habis-habis.

”Suwer Pi, guwe enggak ingat!” Brewok berusaha meyakinkan.

”Preetttt…, ” sahut guwe sambil ngejulurin lidah.

”Kalo elu bandel, tapi pulang bawa duit, pasti bini elu enggak sewot-sewot amat, Wok. Lha ini, udah keganjenan, tapi pulang gak bawa duit. Entar guwe juga yang bakal pusing, diutangin lagi…, diutangin lagi!” kata guwe lagi.

” Kemarin aku punya banyak duit kok,” kata Brewok.

”Elu jangan ngatain kuping guwe budeg ya Wok, jelas-jelas bini elu ngomel pulang enggak bawa duit. Kok sekarang elu ngaku punya duit” Guwe mulai emosi jiwa.

”Iya.., kemarin banyak duit. Tapi…” Jawaban Brewok langsung terhenti, karena guwe langsung motong.

”Preettt…kopet garing!” sahut guwe.

”Ishhh…susah ngomong sama orang botak enggak laku kawin mah!” kata Brewok sambil duduk di kursi.

”Ora ash ish as ish, mana duitnya heh?” tangan guwe nyadong ke si bapaknya Gendon.

”Habis buat si Neneng!” jawaban Brewok bikin guwe serangan jantung.

”Kok bisa? si Neneng itu sundel bolong pengkolan mana lagi, Wok?”

”Itu, yang rumahnya deket pangkalan ojek, kebon sayur,”

Brewok lalu crita, siang itu, pangkalan ojek lagi sepi, lalu Neneng datang.

”Neng, gak sesek tuh baju dikancingin semua?” Brewok mulai bercerita.

”Sesek napas sih Bang, tapi Neneng baru bisa buka satu kancing, kalo Bang Brewok ngasih duit sepuluh rebu.” Sahut Neneng.

”Janji ya, neneng enggak bo’ong?” kata Brewok sambil ngambil duit sepuluh rebu dari dompetnya.

Lalu Neneng pun melepas satu kancingnya. Brewok nelen ludah.

”Tambah satu lagi lah Neng, nanggung,” lanjut Brewok mulai terdengar serak.

”Iya deh, nambah sepuluh rebu ya Bang!” sahut Neneng.

Mata Brewok makin nanarsaat neneng ngebuka kancing ke dua-nya.

”Emang, kancing bajunya ada berapa?” tanya Brewok.

”empat, Bang,”

”Udah lah, nanggung buka semua aja.” Brewok nyerahin duit lagi ke si awewe.

Baru si Neneng membuka semua kancing, si Kampret, temen ngojeknya si Brewok dari jauh keliatan mendekat.

”Aduh..udah ya Bang, Ada mas Kampret.” kata si Neneng mau ngeloyor pergi.

”Aduh Neng, kancingin dulu bajunya. si Kampret entar nyinyir ke bini guwe, bisa mampus guwe” kata si Brewok panik.

”Boleh Bang, satu kancing limapuluh rebu ya,” jawaban Neneng membuat Brewok pucet. Modyarrrrr(santo sapi)