Babinsa Koramil Maos Pantau Penyaluran BST Tahap VII di Kecamatan Maos dan Sampang

Cilacap – Babinsa jajaran Koramil 07 Maos, Kodim 0703 Cilacap, melaksanakan pemantauan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap VII di dua wilayah yaitu Kecamatan Maos dan Kecamatan Sampang yang merupakan wilayah binaan Satuan tersebut.

Adapun personel yang terlibat dalam kegiatan terdiri dari Babinsa sesuai wilayah binaan, personel pengamanan dari Kepolisian, Satpol PP Kecamatan, unsur Pemerintah Desa dan petugas Pos Kabupaten Cilacap selaku petugas pembayaran BST.

Terpisah, Danramil 07 Maos Kapten Inf Suwanto menjelaskan Koramil 07 Maos membina 2 Kecamatan, Kecamatan Maos dan Kecamatan Sampang. Sudah menjadi kewajiban para Babinsa selaku pembina kewilayahan untuk memantau setiap kegiatan di wilayah binaan, terkait penyaluran BST yang saat ini sudah Tahap VII.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrim, Sejumlah Titik di Kecamatan Majenang Terdampak Banjir dan Longsor

Diketahui untuk wilayah Kecamatan Maos jumlah penerima BST sebanyak 1.177 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah). Diantaranya Desa Maos Lor sebayak 226 KPM,Maos kidul 181 KPM, Glempang 112 KPM, Panisihan 105 KPM,Merenek 107 KPM, Kalijaran 79 KPM, Klapagada 61 KPM, Karangreja 52 KPM, Karangrena 168 KPM, Karangkemiri 86 KPM.

BACA JUGA:   Pasca Longsor di Desa Cijati dan Negarajati, Babinsa dan Warga Kerja Bakti

Dan untuk wilayah Kecamatan Sampang, jumlah penerima BST sebanyak 1.029 KPM, diantaranya Desa Karangtengah sebanyak 183 KPM, Karangjati 166 KPM, Karangasem 102 KPM, Paberasan 57 KPM, Nusajati 160 KPM, Ketanggung 22 KPM, Sidasari 104 KPM, Paketingan 92 KPM, Desa Sampang 162 KPM dan Desa Brani 81 KPM.

“BST dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI diberikan di tengah mewabahnya Covid-19, hal ini dilakukan untuk membantu perekonomian warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrim, Sejumlah Titik di Kecamatan Majenang Terdampak Banjir dan Longsor

Sehingga bantuan ini diharapkan dapat membantu warga untuk memulihkan kondisi ekonomi baik di lingkup desa dan secara umum di lingkup nasional, ” jelasnya.

Lebih lanjut, “Kami dari Koramil 07 Maos melalui para Babinsa akan terus mengawal proses penyaluran BST ini, sesuai kapasitas kami sebagai pengawas protokol Covid-19 di wilayah pedesaan, kami harus memastikan kegiatan penyaluran BST sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” tegas Danramil. Oke