Wajib, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan di Tengah Pandemi Corona

BATAMCLICK.COM, Selain menerapkan physical distancing di tengah Wabah Corona Covid-19, lingkungan rumah juga harus diperhatikan. Sebab, penularan bisa terjadi dimanapun. 

Seperti Dikutip dari buku ‘Bunga Rampai Covid-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat #Dirumahaja’ , Edisi 1 Maret 2020, ada beberapa tips menjaga kesehatan lingkungan yang harus kamu patuhi.

Penyusun buku tersebut terdiri dari para ahli yakni Dr. H. Fakhrur Razi, MS, Vetty Yulianty P, S.Si, MPH, Syahidah Asma Amani, S.Gz, dan Jimny Hilda Fauzia, M.Psi, Psikolog. 

Apa saja yang harus dilakukan? Yuk simak penjelasan berikut.

Sirkulasi udara dalam ruangan 

Kamu bisa secara rutin membuka jendela agar sinar matahari masuk dan terjadi sirkulasi udara. Kamu juga bisa membersihkan tirai jendela dengan detergen selama dua kali dalam sepekan, tak lupa selama Wabah Corona Covid-19 tirai harus sering diganti dan dicuci sesering mungkin. 

Kamu juga bisa membersihkan kusen jendela dan teralis dengan cairan detergen. Mengganti kasa penutup lubang dengan yang baru serta menjaga polusi udara dari luar jangan masuk ke dalam, dan pastikan rumah bebas dari asap rokok. 

Kebersihan lantai

Kamu juga harus sering menyapu seluruh lantai dan mengumpulkan kotoran dalam wadah plastik. Setelah itu, ikat dengan rapat. Kamu dapat membuangnya ke tempat sampah yang berada di luar rumah. 

Kamu juga jangan lupa untuk mengepel lantai dengan cairan antiseptik pembersihan lantai atau dengan cairan pemutih yang mengandung chlorin dengan takaran 50ml untuk 4 liter air. 

Jika wadah untuk mengepel sudah mulai keruh, ganti dengan yang baru, dan bilas kembali kain pel yang digunakan. 

Kebersihan tempat tidur 

Kamu bisa mengganti sarung bantal dan seprai dengan cadangannya sesering mungkin. Setelah itu, kamu bisa mencuci dengan menggunakan detergen. 

Lakukan perendaman sekitar 5-10 menit dan dijemur di tempat yang aman polusi. Dengan kunci, harus menerima langsung sinar matahari. Setelah itu, tak lupa untuk membersihkannya kembali. 

Menjaga kebersihan dapur 

Kamu bisa pisahkan makanan yang sudah tak dimakan dalam plastik dan langsung buang ke tempat sampah. Usahakan, jangan ada kontak tangan dengan tempat sampah. 

Kamu juga harus mencuci semua peralatan masak dan makanan dengan sabun cuci piring berkadar pH agar asam, seperti rasa lemot dan jeruk nipis. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih. Tak lupa menggunakan air hangat untuk perendaman selama 15 menit. 

Kebersihan karpet dan kursi 

Kamu bisa mencuci karpet dan kursi dengan detergen dan cairan antiseptik. Melakukan vacuum cleaner setiap pagi dan sore hari. Kamu juga bisa lakukan penyemprotan di bagian yang dapat dicapai oleh tangan. Setelah itu, tak lupa menjemur di bawah sinar matahari langsung, seperti pada siang hari. 

Kebersihan pakaian 

Upayakan agar kamu selalu mengganti pakaian pada pagi dan sore hari. Bagi yang masih bekerja, disarankan untuk segera mengganti pakaian agar segera dapat dicuci. 

Selain itu, kamu tidak boleh menumpuk pakaian terlalu lama dan harus segera dicuci. Jika di luar rumah, harus segera mandi. 

Kamu juga bisa pisahkan pakaian anak dan dewasa, dan gunakan cairan antiseptik pada bilasan terkahir.[]


Sumber: akurat.co