Penting Tahu Kembali, Ini Pengertian Physical Distancing dan Apa Saja yang Harus Dilakukan

BATAMCLICK.COM, Dengan mewabahnya Corona Covid-19 di berbagai negara, physical distancing terus digencarkan semua pemangku kepentingan untuk memutus mata rantai penularannya.

Bahkan, Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan COVID-19, Dr. Achmad Yurianto, tak bosan-bosan selalu menyebutkan hal tersebut saat konferensi pers mengenai update Corona Covid-19 di Indonesia, setiap harinya.

Namun, apakah kamu sudah paham apa itu Physical Distancing? Seperti Dikutip dari buku ‘Bunga Rampai Covid-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat #Dirumahaja’ , Edisi 1 Maret 2020, dimana seseorang harus menjaga jarak satu sama lain, dan mengindari titik keramian. 

Penyusun buku tersebut terdiri dari para ahli yakni Dr. H. Fakhrur Razi, MS, Vetty Yulianty P, S.Si, MPH, Syahidah Asma Amani, S.Gz, dan Jimny Hilda Fauzia, M.Psi, Psikolog, yang berbagi info kenapa Physical Distancing harus dilakukan. 

Corona Covid-19 dapat menyebar dengan cepat. Seseorang bahkan bisa terinfeksi tanpa gejala apapun, namun tetap dapat menyebarkannya ke orang lain. 

Ketika tidak melakukan upaya pencegahan dengan menghindari keramian, jumlah orang yang terinfeksi akan meledak, dan fasilitas kesehatan akan kewalahan dalam menangani wabah ini. 

Dengan Physical Distancing, akan mengurangi laju penularan virus agar pasien terinfeksi dapat ditangani dengan baik hingga sembuh. 

Untuk melakukan Physical Distancing, kamu wajib #DiRumahAja. Jika tidak ada kepentingan yang mendesak, usahakan tidak keluar rumah, dan jika terpaksa hidnari tempat keramaian dan beri jarak dengan orang lain. 

Pemerintah sendiri telah mengambil langkah untuk meliburkan sekolah, dan beberapa perusahaan telah memberlakukan kerja dari rumah. Namun sayangnya, masih ada saja yang berkeliaran hingga bahkan pulang kampung. 

Ingat, Corona bukan lelucon dan tak boleh disepelekan. Anda dan keluarga wajib hidup sehat dan tetap #DiRumahAja, agar dapat dapat memutus mata rantai virus mematikan ini. Semoga kepelikan ini segera berlalu.[]


Sumber: akurat.co