Masih Banyak yang Ngeyel, Mari Ketahui Lagi Pentingnya Cuci Tangan Cegah Corona

BATAMCLICK.COM, Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk pencegahan Corona Covid-19. Salah satunya dengan menggunakan sabun dan air mengalir. 

Dimana, kamu diharuskan tidak menyentuh hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan selama 20 detik. 

Seperti dikutip dari buku ‘Bunga Rampai Covid-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat #DiRumahAja’ , Edisi 1 Maret 2020, dengan penyusun adalah para ahli seperti Dr. H. Fakhrur Razi, MS, Vetty Yulianty P, S.Si, MPH, Syahidah Asma Amani, S.Gz, dan Jimny Hilda Fauzia, M.Psi, Psikolog serta beberapa kontributor di bidangnya, memberikan tips mencuci tangan yang benar dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Begini step by step yang dapat kamu lakukan:

1. Ratakan dengan kedua telapak tangan.

2. Gsok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dan kanan, ataupun sebaliknya.

3. Gosok telapak tangan dan sela-sela jari.

4. Punggung jari tangan kanan di gosokkan pada telapak tangan kiri, dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.

5. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.

6. Gosok berputar dengan ujung jari-jari tangan kanan ditelapak tangan kiri dan sebaliknya. 

Jika soal urusan mencuci tangan sudah beres, tinggal kamu harus tahu kapan harus mencuci tangan. Ketika tiba di rumah sejak bepergian, harus kamu lakukan. Di tempat kerja, ataupun setelah perjalanan kemanapun juga wajib. Selain itu, sebelum makan, sebelum menyiapkan makan dan setelah mengunakan toilet. 

Kamu bisa gunakan cairan pembersih tangan, dengan minimal 70 persen alkohol. Tetapi, itu hanya alternatif bila tidak ada sabun dan air mengalir.[]


Sumber: akurat.co