Kepri  

Teknologi HSTC Bikin Naik Motor Makin Aman, Apa sih itu?

Batamclick.com, PT Capella Dinamik Nusantara selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Wilayah Kepulauan Riau memberikan edukasi singkat seputar teknologi sepeda motor Honda di sela sela fun gathering bersama media atau rekan Jurnalis pada Sabtu (23/07) di Kampung Terih, Nongsa.

Tony Anggadha selaku Honda Customer Care Manager PT Capella Dinamik Nusantara Kepri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai salah satu fitur dan teknologi untuk mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara. Fitur yang dimaksud adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC).
“Fitur ini nanti juga akan disematkan pada produk terbaru Honda yang akan segera dilaunching pada awal Agustus nanti. Fitur ini semakin menambah sederet fitur keamanan lainnya yang sudah disematkan pada beberapa produk sepeda motor Honda”. jelas Tony

Honda Selectable Torque Control atau HSTC, merupakan fitur yang berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.
Saat ini, HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti; Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160.

BACA JUGA:   Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu

Pengendara bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan tombol yang ada di bagian setang sebelah kiri ke posisi ON.
Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa di-non-aktifkan dengan menekan tombol tersebut ke posisi OFF.
Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat motor sedang melaju. Tapi alangkah baiknya dilakukan saat posisi motor sedang berhenti.
HSTC akan bekerja saat sensor yang ada pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan roda belakang.
Kemudian informasi tersebut akan dikirimkan ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin.
Saat ETC memutus pengapian, secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.
Perlu diingat, fitur ini akan memberikan dampak yang besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik atau tidak ugal-ugalan sehingga sangat berguna dan penting, terutama sebagai fitur safety atau keselamatan pengendara.

BACA JUGA:    Arungi Lautan, Sambangi 4 Pulau, Jefridin Tuntas Bagikan Beras untuk Warga Galang 

Ditengah-tengah pembahasan fitur HSTC, ada sedikit bocoran bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan peluncuran produk line up terbaru Honda yang menggunakan fitur HSTC.
“Dalam waktu dekat kita akan secara melaksanakan launching product pada awal Agustus nanti, apa nama unitnya masih rahasia, tunggu udangan resmi dari kita” pungkas Tony.

Tidak hanya workshop teknologi, rangkaian kegiatan diramaikan dengan beberapa aktivitas seperti bermain PaintBall dan santap siang bersama. Tim pemenang Paintball War, tentu saja mendapatkan hadiah menarik sebagai apresiasi atas kemenangannya.

“Selamat kepada tim pemenang paintball. Untuk tim yang lain, semoga lebih beruntung dikesempatan berikutnya”, tutup Tony

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *