Belanja Kebutuhan Pokok Tak Dilarang, Tapi Jangan Lupakan Protokol Kesehatan

BATAMCLICK.COM, Di tengah Pandemi Virus Corona COVID-19 yang masih berlangsung, masyarakat di Indonesia malah disibukkan untuk berbondong-bondong pergi ke pasar maupun swalayan. Hal ini dilakukan untuk berbelanja memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19Dr. Achmad Yurianto angkat bicara dalam update COVID-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (21/5).

Menurut Yuri, aktivitas Belanja untuk memenuhi kebutuhan pokok memang tidak dilarang selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang masih berlangsung di banyak wilayah.

Achmad Yurianto. Tangkapan Layar Live Youtube BNPB

“Kita pahami bersama bahwa saat ini aktivitas masyarakat secara tradisional, secara sudah terbiasa menjelang Idul Fitri pasti akan meningkat. Oleh karena itu kita tetap tidak melarang,” ungkap Yuri.

Meski begitu, Yuri mengingatkan betul akan protokol kesehatan yang tetap harus dilakukan oleh setiap orang yang berencana pergi ke pasar maupun swalayan untuk berbelanja.

Saat hendak Belanja, catat kebutuhan yang akan dibeli agar tidak memakan banyak waktu di luar rumah, serta usahakan pilih keluarga dengan kondisi kesehatan yang oke dan tidak usah beramai-ramai saat pergi keluar rumah untuk Belanja.

Protokol kesehatan yang sudah ditentukan seperti menjaga jarak, menggunakan Masker sangatlah penting. Dan setelah berbelanja, mereka harus Cuci Tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, serta kalau perlu ganti pakaian dan mandi.

Menurut Yuri, protokol kesehatan terkait COVID-19 yang sudah lama digaungkan ini adalah upaya yang harus dilakukan secara terus menerus jika masyatakat menginginkan penularan COVID-19 ini bisa diputuskan.

“Oleh karena itu, mari kita budayakan cara-cara hidup yang baru dengan melakukan pola hidup bersih sehat, kemudian rajin Cuci Tangan, menggunakan Masker, menghindari kerumunan dengan selalu menjaga jarak. Ini cara hidup baru, cara hidup normal yang baru yang harus kita laksanakan mulai saat ini,” pungkasnya.

sumber: akurat.co