Anak-anak Kalinusu Cepat Dekat Dengan TNI di Lokasi TMMD Reguler Brebes

Brebes – Kehadiran ratusan anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, ditengah-tengah masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah membuat perubahan yang signifikan dalam kehidupan sosial masyarakatnya, termasuk anak-anak pun turut berbahagia.

Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, Kodim Brebes, Sertu Eko Nuhyoto menyatakan, awalnya mereka segan untuk berinteraksi dengan puluhan anggota TNI jajaran Kodim Brebes yang sebelumnya melaksanakan Pra TMMD mulai 15 Agustus 2020 lalu. Namun karena keramahan sehingga mereka cepat terbiasa dan kini menganggap mereka sebagai sahabat.

BACA JUGA:   Masyarakat Desa Kalinusu Brebes Senang Adanya Penyuluhan Hukum Program TMMD

“Saat TMMD Reguler hari ini resmi dibuka, ratusan anggota Satgas TMMD datang ke desa mereka untuk tinggal selama satu bulan tugas. Anak-anak sudah tak canggung lagi dan bahkan membantu pekerjaan TNI sebisa mereka tanpa disuruh,” bebernya, Selasa (22/9/2020).

Mereka cepat akrab dengan prajurit karena sering mendapatkan motivasi dan reward jika membantu pekerjaan.

BACA JUGA:   Tentara Yang Wartawan Pesan Agar Warga Rawat Jalan Hasil TMMD Reguler Brebes

“Apa yang kami makan juga kami berikan kepada anak-anak yang berada di dekat kami, dengan harapan mereka termotivasi menjadi prajurit TNI,” imbuhnya.

Menurutnya juga, jiwa nasionalisme perlu ditanamkan sejak dini karena anak merupakan generasi penerus bangsa. Untuk itu, mereka juga harus dimotivasi untuk berdisiplin waktu, peduli lingkungan dan kebersihan, patuh terhadap orang tua dan guru, serta rajin beribadah dan belajar sehingga menjadi generasi yang tangguh.

BACA JUGA:   Sempatkan Sosialisasi Soal Nasionalisme ke Warga Jelang Berakhirnya TMMD

“Untuk mengarahkan mereka mencapai cita-citanya, memang perlu sosok teladan untuk memetivasi dan membimbingnya dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya. (Rus/Aan/Red)