TikTok Kaget Diminta Trump Investasi Rp 73 T di Sektor Pendidikan

BATAMCLICK.COM, Induk usaha dari TikTok, ByteDance mengaku kaget dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyebut perusahaan akan menggelontorkan US$ 5 miliar atau setara Rp 73 triliun (kurs Rp 14.600/US$) untuk sektor pendidikan di AS.

ByteDance memang berkomitmen berinvestasi di sektor pendidikan AS untuk meluncurkan proyek ruang kelas online berdasarkan AI (kecerdasan buatan) dan teknologi video untuk siswa di seluruh dunia, tetapi mengaku baru pertama kali mendengar angka US$ 5 miliar yang dilontarkan Trump.

BACA JUGA:   Hakim Ziyech Sudah Oke di Chelsea

“Beberapa media berita melaporkan bahwa TikTok akan menyiapkan dana pendidikan US$ 5 miliar di AS. Kami ingin mengklarifikasi bahwa ini juga pertama kalinya kami mendengar berita tersebut,” kata ByteDance dalam pernyataannya dikutip dari CNN.com, Senin (21/9/2020).

Sebelumnya pada Sabtu (19/9), Trump memberikan persetujuan prinsipal kepada Oracle dan Walmart untuk bekerja sama dengan ByteDance. Persetujuan ini berarti aplikasi video singkat tersebut diizinkan tetap beroperasi di AS.

BACA JUGA:   Yamaha BW's 125 Resmi Hadir, Ini Detail Tampang dan Teknologinya

Melalui kesepakatan itu membuat Walmart dan Oracle mengambil saham Tiktok hingga 20%, sedangkan ByteDance akan mempertahankan 80% sahamnya di Tiktok.

Trump mengatakan TikTok, Oracle, dan Walmart akan menyumbang sebesar US$ 5 miliar untuk dana pendidikan.

“Kami menyiapkan dana pendidikan untuk kaum muda AS dan ini akan menjadi hal yang sangat bagus. Ini kontribusi yang kami minta,” ucap Trump.

BACA JUGA:   Teriakan Thierry Henry

Sedangkan Walmart dan Oracle tidak menyebutkan apapun tentang dana pendidikan dalam sebuah pernyataan, mereka hanya mengatakan bahwa entitas TikTok Global yang baru akan membayar lebih dari US$ 5 miliar pajak baru ke Departemen Keuangan AS. (mat)

sumber: detik.com