Untuk Pertama Kalinya, Ilmuwan Saksikan Planet Baru Terbentuk

BATAMCLICK.COM, Para ahli Astronomi untuk pertama kalinya berhasil menyaksikan proses terbentuknya sebuah Planet Baru. Para ahli mengatakan bahwa planet muda ini terbentuk di sekitar bintang yang disebut AB Aurigae yang sekitar 2,4 kali massa matahari dan terletak di galaksi Bima Sakti, 520 tahun cahaya dari Bumi.

Para Ilmuwan menggunakan Teleskop Sangat Besar yang dioperasikan Eropa Southern Observatory di Chili untuk melihat struktur spiral di dalam cakram berputar di sekitar AB Aurigae yang dihasilkan oleh terciptanya sebuah planet. Mereka mendeteksi pola “twist” dari gas dan debu di struktur spiral yang menandai di mana planet itu bergabung.

“Diperlukan beberapa juta tahun bagi sebuah planet untuk berada pada tahap akhir, jadi waktu kelahiran tidak bisa ditentukan dengan tepat. Namun, kita dapat mengatakan bahwa kita mungkin dapat menangkap proses pembentukan sebuah planet,” kata astronom Observatoire de Paris, Anthony Boccaletti selaku pemimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Astronomi & Astrofisika, dilansir dari laman Asia One, Jumat (22/5).

Boccaletti menambahkan bahwa kemungkinan planet itu adalah planet gas besar, bukan planet berbatu seperti Bumi atau Mars, dan mungkin lebih masif dari Jupiter, planet terbesar di tata surya kita.

Lebih dari 4.000 planet telah ditemukan mengorbit bintang di luar tata surya kita.

Para Ilmuwan hingga kini mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana planet-planet terbentuk dari gas dingin dan debu yang tergabung di cakram-cakram yang mengelilingi bintang-bintang baru ini.[]

Sumber: akurat.co