Polisi dan BC Gelar Patroli Bersama Basmi Penyelundupan di Perairan Karimun

BATAMCLICK.COM, Karimun – Guna mengawasi penyeludupan dan menekan peredaran barang ilegal yang marak terjadi di Perairan Karimun, KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun menggelar operasi bersama Satpolairud Polres Karimun.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Agus Yulianto menjelaskan, operasi bersama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen DJBC untuk terus bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya dalam rangka mengawasi dan menindak setiap upaya penyelundupan di wilayah peraiaran Selat Malaka, khususnya Perairan Karimun.

BACA JUGA:   Pasien Sembuh dari Covid-19 di Karimun Bertambah 4, Total Jadi 201 Orang

Ia menambahkan, sebagai langkah nyata dalam mencegah tindak pidana penyelundupan tersebut, maka operasi rutin adalah hal yang semestinya dilakukan.

Menurut Agus Yulianto, adanya operasi yang dilakukan secara rutin baik mandiri maupun melalui joint sinergi bersama dengan instansi penegak hukum lainnya, diharapkan akan melindungi masyarakat dari dampak buruk penyelundupan itu sendiri, sehingga secara tidak langsung dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat agar lebih baik.

BACA JUGA:   Suryani di Konsolidasi PKS: Kader Harus Tetap Menjaga Karakteristik Partai

“Kita dapat melakukan pertukaran data dan informasi terkait pelaksanaan patroli laut di bidang kepabeanan dengan instansi lainnya. Selain itu, dengan adanya sinergi seperti ini dapat meningkatkan kemampuan para petugas kita di lapangan baik dari sisi kemampuan teknis dan taktis operasi di laut,” kata Agus Yulianto, dalam siaran persnya, Rabu (21/10/2020).

Sambung Agus Yulianto, operasi ini merupakan operasi yang juga telah dilakukan Bea Cukai Batam dengan Ditpolair Polda Kepri. Sebelumnya, telah dilakukan koordinasi dengan Satpolair masing-masing Polres dengan membahas teknis operasi, jadwal,dan wilayah yang menjadi objek pengawasan.

BACA JUGA:   Pasien Sembuh dari Covid-19 di Karimun Bertambah 4, Total Jadi 201 Orang

“Patroli bersama ini berpedoman kepada petunjuk operasi masing-masing unit. Pelaksanaan apel pembuka operasi sinergi ini dilakukan di Pelabuhan Sandar Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam,” tutup Agus Yulianto.

Sumber: BATAMTODAY