Dansatgas TMMD Reguler Brebes Serahkan Hasil Pembangunan Kepada Bupati

Brebes – Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, secara resmi menutup program TMMD Reguler 109 Brebes tahun 2020, melalui acara sederhana di Pendopo Kabupaten Brebes. Rabu (21/10/2020).

Secara resmi dirinya menyerahkan hasil pembangunan fisik/infrastruktur dan non fisik Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang telah dilakukan Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, yang dibantu lintas sektoral, lintas instansi, segenap Ormas di wilayah Kecamatan Bumiayu, dan juga warga masyarakat setempat dan sekitarnya, kepada pemerintah daerah melalui Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH.

Simbolis penyerahan hasil pembangunan adalah dengan penyerahan naskah TMMD yang sebelumnya ditandatangani olehnya dan juga Bupati Brebes selaku kepala daerah.

Dijelaskan mantan Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes itu, bahwa ceremonial yang disederhanakan itu untuk menggantikan upacara penutupan TMMD Reguler yang ditiadakan terkait pandemi covid.

Dandim memaparkan, penyerahan produk TMMD Reguler itu menandakan bahwa anggaran senilai Rp. 1,09 miliar yang bersumber dari APBD Fisik Provinsi Jateng senilai Rp. 195 juta, APBD Fisik Kabupaten Rp. 900 juta, digunakan untuk merampungkan sejumlah sasaran infrastruktur program selama satu bulan penuh itu.

Sementara untuk anggaran senilai Rp. Rp. 339,3 juta dukungan dari Mabes TNI, digunakan untuk operasional SSK (Satuan Setingkat Kompi) Satgas TMMD.

Untuk capaian fisik meliputi pembukaan badan jalan setapak dan pembangunan jalan di areal persawahan hibah masyarakat sepanjang 1.670 meter lebar 4-6 meter, pembangunan talud di kanan kiri jalan dengan tinggi 0,5 – 1,5 meter, pekerjaan 3 plat duiker, dan sebuah gorong-gorong, telah berhasil membuka keterisoliran salah satu dusun di Desa Kalinusu, yaitu Dusun Kedung Kandri.

“Bersama dukungan seluruh pihak, kami selaku Satgas TMMD Reguler 109 Brebes berhasil merampungkan jalan pendekat dari Dusun Kedung Kandri ke Dusun Karanganyar, Desa Kalinusu, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter,” ungkapnya.

Disampaikannya lanjut, over prestasi atau kelebihan sasaran sepanjang 530 meter itu didedikasikan khusus untuk masyarakat Kedung Kandri sehingga jalan yang dibangun itu benar-benar tembus ke dusun mereka.

Sementara untuk sasaran tambahan fisik yaitu rehab 5 unit RTLH program TMMD senilai masing-masing Rp. 10 juta. Sedangkan untuk over prestasi fisik lainnya yakni pembuatan MCK semi permanen di pinggir Lapangan Sepakbola Kalinusu, dengan fasilitas 8 jamban dan 2 kamar mandi, serta pembuatan lapangan bola voli.

“Sasaran non fisik berupa penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan yang telah dilakukan untuk meningkatkan SDM masyarakat setempat meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan, wawasan kebangsaan, hukum terpadu, terorisme, kamtibling, UU perkawinan, narkoba, dan juga bahaya kebakaran,” bebernya.

Ditambahkannya, untuk pelayanan yaitu kesehatan, adminduk, perpustakaan keliling, Posyandu, khitan gratis untuk 4 orang anak warga kurang mampu, dan juga pemberian obat kaki gajah.

Menutup sambutannya, Dandim mengajak masyarakat Kalinusu khususnya untuk memelihara output TMMD Reguler bagi generasi selanjutnya.

Hadir dalam acara ini antara lain, Danrem 071 Wijaya Kusuma Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Forkopimda Brebes, para Kepala OPD Brebes, Forkopimcam Bumiayu, Kepala Desa Kalinusu Wasid (44), serta para tamu undangan terbatas lainnya. (Aan)