Atlet yang Sudah Lolos Kualifikasi Dipastikan dapat Jatah Tahun Depan

BATAMCLICK.COM: Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda setahun ke depan sebagai akibat dari pandemi Virus Corona baru (Covid-19). Atlet yang sudah lolos kualifikasi pun dipastikan tetap dapat jatah mereka tahun depan.

Sekitar 57 persen dari 11 ribu atlet yang dijadwalkan ke Tokyo 2020, sudah memastikan diri lolos ketika Komite Olimpiade Internasional (IOC) menangguhkan Olimpiade tahun ini ke musim panas 2021 pada Selasa kemarin.

Pada Kamis (26/3) kemarin, IOC dan 32 federasi olahraga internasional mengadakan telekonferensi. Salah satu keputusan di rapat tersebut, yaitu tetap mengindahkan proses kualifikasi.

Thomas Bach (Presiden IOC) pertama menjelaskan alasan penundaan Olimpiade, kemudian mengatakan bahwa para atlet yang memenuhi syarat ke Tokyo 2020 secara otomatis akan memenuhi syarat untuk 2021,” ujar salah satu peserta konferensi dikutip AFP.

Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan berlangsung 24 Juli sampai 9 Agustus mendatang. Namun, atlet dan federasi olahraga dari beberapa negara mendesak Olimpiade tahun ini harus ditunda di tengah ancaman corona.

Banyaknya desakan itu membuat IOC dan Jepang selaku penyelenggara, yang awalnya bersikeras terus melakukan persiapan, akhirnya melunak. Keputusan penting untuk kali pertama dalam sejarah Olimpiade ditunda pun disepakati Bach dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah melakukan pembicaraan via telepon.

Meski demikian, belum ada tanggal pasti untuk Olimpiade yang dijadwal ulang. Namun, Bach mengatakan Olimpiade Tokyo 2020 akan terselenggara paling lambat musim panas 2021 dan tidak lewat dari itu.[]


Sumber: akurat.co