Selama Wabah Corona, Penjualan Smartphone Global Anjlok hingga 14 Persen

BATAMCLICK.COM: Salah satu perusahaan analisis pasar ponsel, Counterpoint Research, mengungkapkan bahwa penjualan Smartphone secara global anjlok 14 persen pada Februari. Dampak dari wabah Virus Corona yang menyebar di Tiongkok dan hampir seluruh negara di dunia.

Wabah itu membuat Apple dan pembuat Smartphone lainnya menutup toko mereka di Tiongkok dan di beberapa negara pada bulan Februari. Data pemerintah menunjukkan Apple hanya menjual kurang dari 500 ribu Smartphone di pasar daratan Tiongkok selama sebulan.

Melansir Reuters Kamis (26/3/2020), Counterpoint Research bahkan memprediksi bahwa akan ada kemungkinan penurunan penjualan yang lebih buruk mengingat semakin mengkhawatirkannya penyebaran wabah tersebut di banyak bagian dunia.
Tiongkok merupakan pasar Smartphone yang mengalami penurunan penjualan paling signifikan yakni hingga 38 persen pada Februari dari tahun sebelumnya.

Kendati demikian, saat ini kondisi telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan dengan banyak toko retail yang sudah dibuka kembali pada pertengahan Maret.

Ada juga tanda-tanda pemulihan di Korea Selatan, tetapi untuk negara di bagian dunia lainnya belum terlihat adanya pemulihan, dan hasil yang terburuk sekalipun belum dapat dipastikan.

Akibat wabah Virus Corona para vendor Smartphone menghadapi gangguan rantai pasokan karena lebih banyak negara memberlakukan perintah lockdown.

Sebelumnya, Foxconn, salah satu pemasok utama Apple mengatakan akan menangguhkan operasi di India sesuai dengan perintah pemerintah.

Sumber: akurat.co