Satgas Covid-19 Buka Pendaftaran Relawan Bantu Cegah Corona

BATAMCLICK.COM: Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membuka pendaftaran bagi seluruh elemen masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi relawan atau pejuang kemanusiaan untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan, pendaftaran bisa dilakukan melalui laman deskrelawanpb.bnpb.go.id.

 “Bapak (dan) ibu sekalian teman media, kami dari Gugus Tugas Covid-19 memanggil, mengajak, para relawan untuk menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan. Pada hari ini, kami sudah membuat microsite di website BNPB untuk bisa menerima pendaftaran para relawan,” kata Andre saat memberikan keterangan pers di gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Dia menerangkan pihaknya bekerja sama dengan sejumlah asosiasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan perguruan tinggi untuk mengajak semua elemen masyarakat untuk bergabung menjadi relawan penanganan corona.

Menurutnya, para dokter dan administrasi rumah sakit akan menjadi gugus terdepan, sedangkan mahasiswa tingkat akhir akan berada di lapis kedua pencegahan penyebaran virus corona.

“Teman mahasiswa akan membantu konsultasi baik psikis maupun medis, bisa membantu lewat platform online. Minggu ini sudah diluncurkan desk relawan, besok akan dilakukan secara masif pembukaan pendaftaran ini,” kata Andre.

“Mudah-mudahan bisa diintegrasikan, sehingga kita punya database yang komplit yang real time mengenai relawan sekarang,” imbuhnya.

Ia juga berharap langkah ini mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Diketahui pasien positif virus corona di Indonesia tembus 893 orang per Kamis (26/3) ini. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 78 orang, dengan 35 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sumber: CNN INDONESIA