5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

BATAMCLICK.COM :

Ketika kita ingin mencoba atau harus melakukan hal baru, kita bisa saja sangat gembira sekaligus berdebar, namun seringkali kita justru merasa takut. Contohnya saja saat kita ingin bergabung dengan organisasi baru, melamar pekerjaan baru, atau mengikuti event baru seperti perlombaan. Kita sering merasa takut gagal hingga akhirnya tidak mencoba.

Ketakutan ini tentunya adalah hal yang sangat manusiawi. Namun, jika kita membiarkan diri kita larut dalam ketakutan itu, kita akan melewatkan banyak hal. Berikut ini kesempatan-kesempatan yang akan kita lewatkan jika kita terus merasa takut mencoba. Simak, yuk!

1. Kita melewatkan kesempatan untuk menambah dan mengembangkan skill

5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

psychologies.co.uk

Ketika mencoba hal baru atau hal besar, kita cenderung merasa takut gagal. Hal ini karena kita resah atas apa yang akan kita hadapi ketika mencoba hal tersebut. Kita juga sering merasa kita tidak akan mampu melakukan hal besar dan akan mengacaukannya. Contohnya saat kita tidak mau menjadi ketua suatu acara karena takut harus berbicara di depan orang banyak.

Hal ini tentu saja adalah hal yang wajar. Namun, jika kita sampai batal melakukan hal tersebut karena kita takut gagal, maka kita akan melewatkan kesempatan besar untuk menambah atau mengembangkan kemampuan. Padahal, kemampuan tersebut akan sangat berguna dan bahkan akan sangat dibutuhkan di masa depan.

2. Kita melewatkan kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang baru

5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

appgrooves.com

Mencoba hal baru pasti memberikan pengalaman baru, salah satunya adalah bertemu orang baru. Bertemu orang baru akan memberimu kesempatan untuk mendapatkan koneksi yang mungkin akan kita butuhkan suatu saat nanti. Bukan hanya itu, kita juga akan mendapatkan cerita dan pelajaran baru.

Dengan mengenal orang baru, kita akan belajar banyak hal soal perbedaan budaya dan pandangan. Bersamaan dengan itu, kita akan belajar cara berkomunikasi dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Percayalah, kemampuan ini akan sangat kita butuhkan dalam hidup dan karier kita.

3. Kita melewatkan kesempatan untuk mengasah mental

5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

readersdigest.caLANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH

Editor’s Picks

Hal baru memberikan kita banyak ketidakpastian. Misalnya ketika kita ingin memulai bisnis baru, kita tidak akan tahu apakah kita akan berhasil dan masalah apa saja yang akan kita hadapi. Namun, semua ketidakpastian ini serta masalah yang kita hadapi akan mengasah mental kita.

Hidup adalah sesuatu yang dinamis, kita pasti akan menemukan tantangan dan masalah dalam setiap perjalanan. Jika mental kita terus terasah, maka kita tidak akan mudah menyerah dalam menjalani hidup. Maka jangan takut mencoba hal baru, mungkin itu adalah jalan bagi kita untuk memperkuat mental.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Langkah Pertama Lebih Mudah Saat Mencoba Hal-Hal Baru

4. Kita melewatkan kesempatan untuk mengurangi jatah gagal

5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

happierhuman.com

Orang bilang setiap manusia punya jatah gagalnya masing-masing. Hal ini masuk akal. Sebab dalam setiap kegagalan, kita akan belajar apa yang harus diperbaiki. Maka pelajaran itu bisa kita pakai di percobaan selanjutnya.

Kita tidak pernah tahu berapa jatah gagal kita, maka yang bisa kita lakukan adalah terus berusaha hingga berhasil. Oleh karena itu, jika kita sangat mengidamkan sesuatu, jangan takut untuk mencoba meraihnya. Kita mungkin tidak akan berhasil, tapi setidaknya kita telah menghabiskan satu lagi jatah gagal kita.

5. Kita melewatkan kesempatan untuk membuat “cerita”

5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

careeraddict.com

Cerita dalam hal ini bukan cerita biasa saja yang sering kita obrolkan dengan teman dalam kehidupan sehari-hari. Cerita dalam hal ini adalah cerita yang membuat kita menjadi sesesorang yang berbeda di antara jutaan orang lainnya. Cerita ini adalah cerita milik kita yang tak dipunyai dan tidak bisa dicuri orang lain.

Mengapa ini penting? Kelak jika kita melamar kerja, kita bersaing dengan ribuan pelamar. Yang membuat kita “lebih” dibanding kandidat lainnya adalah cerita soal bagaimana kita meraih prestasi, melewati kegagalan, mengatasi kelemahan, dan lain-lain. Setiap orang bisa saja punya prestasi, bagaimana prestasi itu dicapai adalah yang membuatnya berbeda.

Itulah hal-hal yang akan kita lewatkan jika kita terus merasa takut mencoba hal baru. Kita mungkin saja akan menyesal di masa depan jika kita melewatkan kesempatan-kesempatan ini. Maka jangan takut mencoba hal baru. Toh jika pun gagal, kita mendapatkan pelajaran berharga. Sementara jika kita tidak mencoba sama sekali, kita tak akan mendapatkan apa-apa.

SUMBER : IDN TIMES