Penganugerahan Wajib Pajak, Tambang Emas Banyuwangi Raih Reward

Batamclick.com:KPP Pratama Banyuwangi menggelar Malam Apresiasi Wajib Pajak dan Musik Banyuwangi. Sebanyak 250 wajib pajak yang memiliki kontribusi terbaik untuk negara mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah operator tambang emas PT Bumi Suksesindo (BSI). Perusahaan tambang emas ini dinilai taat pajak sekaligus sebagai pembayar pajak tertinggi di Kabupaten Banyuwangi.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III (Kanwil DJP Jatim III), Agustin Vita Avantin, di Hotel El Royale Banyuwangi, Jumat malam (21/2/2020). Disaksikan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pimpinan perbankan serta perwakilan perusahaan se-Bumi Blambangan.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III Agustin Vita Avantin mengatakan malam penganugrahan merupakan bentuk apresiasi atau penghargaan dari Direktorat Jenderal pajak kepada para wajib pajak yang telah berkontribusi memberikan penerimaan pajak di tahun 2019 lalu sehingga Banyuwangi penerimanya lebih dari 100%.

Dijelaskan, sebagai perusahaan penerima penghargaan PT BSI bukan hanya menjadi pembayar pajak tertinggi. Tapi juga atas kepatuhan dalam pelaporan Surat Pemberitahunan Tahunan (SPT) pajak.

“Saya yakin, dengan peningkatan pendapatan sektor pajak, akan memberi kontribusi pada percepatan pembangunan di Banyuwangi,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, pertumbuhan dan pencapaian pajaknya telah melampaui target, salah satu cara dari Banyuwangi untuk meningkatkan kontribusi pajak di wilayahnya dengan melakukan renegoisasi pajak para wajib pajak yang NPWP-nya tidak berada di luar Banyuwangi.

“Salah satu contohnya yakni PT. Bumi suksesindo yang sebelumnya pembayaran pajak berada di jakarta sekarang sudah membayarkan pajaknya di Banyuwangi,” ujarnya.

Anas juga memuji komitmen PT BSI terhadap tumbuh kembang Banyuwangi. Salah satunya dengan menjadi perusahaan Multi Nasional satu-satunya yang pembayaran pajaknya dilakukan didaerah. Atau ditempat perusahaan beroperasi.

“Yang lainnya masih belum. Kita terus bernegoisasi, yang sebelumnya wajib pajaknya di Jakarta dipindahkan ke Banyuwangi,” pungkasnya.

Direktur PT Bumi Suksesindo (BSI), Cahyono Seto, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterima perusahaan tambang emas satu-satunya di Pulau Jawa ini.

“Kami merasa sangat terhorrmat atas penghargaan ini. Tahun 2019 merupakan periode penting bagi BSI, karena mampu mencapai target produksi emas dari Tambang Tujuh Bukit di Banyuwangi, yakni 220,000 ounce,” jelas Cahyono Seto.

Seto menambahkan bahwa capaian produksi tersebut berimbas pada kontribusi PT BSI melalui pajak yang bayarkan yaitu Rp 674 miliar yang dibayarkan melalui KPP Pratama Banyuwangi, atau sekitar 49% pendapatan pajak Banyuwangi.

“Kami berharap dapat menjalankan bisnis dengan aman, sehingga kontribusi kami bisa terus bertambah”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Banyuwangi, Yunus Darmono mengatakan, selain PT BSI, beberapa perusahaan dan stakeholder lain juga mendapatkan penghargaan dari KPP Pratama Banyuwangi diantaranya, PT. Tuna Indonesia Mandiri, PT. Tri Sakti Lautan Mas, Dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi, PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Darma Yuana, CV Roxy Banyuwangi, PT. Timur Putra Sentosa, Perusahaan daerah Air minum Banyuwangi, CV Gembira, serta Guenawan Soegondo.

“Selain memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang berkontribusi dalam penerimaan pajak, kami juga memberikan penghargaan kepada tempat penerimaan pajak terbesar di tahun 2019, yakni PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor cabang utama Banyuwangi, Pt Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Kacab Banyuwangi, PT. Bank Mandiri (Persero), PT. Pos Indonesia (Persero), PT. Bank Central Asia TBK, serta PT. Bank Negara Indonesia kacab Banyuwangi,” pungkasnya.

Pada malam tersebut KPP Pratama Banyuwangi juga memberikan Apresiasi kepada insan musik di Banyuwangi yang turut berkontribusi dalam mengembangkan pariwisata serta mengembangkan konten lokal. Bertajuk Tribut to Ion DD dan Catur Arum, konser musik khas Banyuwangi itu disambut meriah oleh wajib pajak yang hadir di ajang itu.

Artikel ini telah terbit di detik.com