1 Lagi Meninggal Akibat Virus Corona di Iran, Total Korban Jiwa 3 Orang

Batamclick.com:Keganasan wabah virus corona kembali merenggut nyawa. Otoritas Iran hari ini melaporkan satu lagi kematian di antara 10 kasus baru coronavirus yang terkonfirmasi. Dengan demikian total korban jiwa akibat virus corona di negeri itu adalah tiga orang dan total pasien corona sebanyak 28 orang.

“Kita memiliki 10 kasus baru COVID-19 yang terkonfirmasi,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Kianoush Jahanpour di televisi pemerintah Iran seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (22/2/2020).

Wabah virus corona atau COVID-19 pertama kali muncul di Iran pada Rabu (19/2), ketika para pejabat Iran menyatakan virus itu telah menewaskan dua orang lanjut usia di Qom, kota suci Syiah di selatan Teheran, ibu kota Iran. Keduanya menjadi kematian pertama akibat virus corona di Timur Tengah.

Jahanpour mengatakan bahwa sejak kemunculan kasus corona itu, otoritas Iran telah melakukan tes virus corona pada 785 orang yang diduga terinfeksi virus corona. Belum semua hasilnya diketahui.

“Kebanyakan kasus adalah warga Qom atau mereka yang memiliki riwayat datang dan pergi dari Qom ke kota-kota lain,” tutur Jahanpour.

Menyusul pengumuman mengenai kematian pasien corona tersebut, negara tetangga Irak menerapkan pembatasan perjalanan dari dan ke Iran. Kementerian Kesehatan Irak mengumumkan bahwa orang-orang di Iran dilarang masuk ke Irak hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Maskapai nasional Kuwait, Kuwait Airways juga mengumumkan akan menghentikan sementara semua penerbangan ke Iran.

Artikel ini telah terbit di detik.com