Wenger Usulkan Perubahan Besar dalam Perhitungan Off-Side

BATAMCLICK.COM : Mantan Pelatih Arsenal yang kini menjabat Kepala Pengembangan Global FIFAArsene Wenger, berencana mengusulkan perubahan besar pada regulasi untuk merespons kritik terhadap Asisten Video Wasit (VAR). Wenger ingin aturan baru soal off-side dan on-side.

Hal ini dipicu oleh dianulirnya gol Wolverhampton Wanderers dalam laga pekan ke-26 Liga Primer Inggris 2019-2020 tanpa gol menghadapi Leicester City, Sabtu (15/2), setelah tumit Pedro Neto diketahui pada posisi off-side saat membangun serangan.

Dalam Pertemuan Tahunan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional yang dihelat di Belfast, Irlandia Utara, 29 Februari nanti, Wenger bakal mengusulkan bahwa pemain dianggap on-side jika posisi tubuhnya sejajar atau di belakang pemain lawan.

Aturan ini berarti VAR tidak lagi menghitung off-side dengan ukuran “bagian tubuh”, melainkan keseluruhan tubuh. Off-side baru terjadi ketika tubuh pemain sepenuhnya berada di depan pemain lawan.

“Anda tidak akan off-side jika ada bagian tubuh Anda yang bisa mencetak gol sejajar dengan pemain belakang terakhir, bahkan jika bagian lain dari tubuh penyerang ada di depan,” kata Wenger sebagaimana dipetik dari Reuters.

“Ini akan mengerucut dan Anda tidak lagi mengambil keputusan dengan (ukuran) millimeter dan sebuah patahan ketika penyerang berada di garis pertahanan.”

Keputusan membutuhkan setidaknya enam suara dari anggota IFAB untuk menggolkan usulan Wenger. Britania Raya memiliki empat suara atas nama Inggris, Skotlandia, Wales, dan Republik Irlandia Utara, sementara sisanya adalah empat negara pilihan FIFA.

Jika usul Wenger disepakati, maka penerapannya bisa dilakukan pada dua pekan pertama Juni mendatang sebelum Piala Eropa.[]


Sumber : akurat.co