Wabah Corona Tak Hentikan Vietnam Gelar Balapan F1

BATAMCLICK.COM : Akibat wabah virus Corona akhir-akhir ini, Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi menunda jadwal Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) China 2020 pada Rabu (12/2) pekan lalu. Melihat pernyataan tersebut, F1 GP Vietnam pun bisa ikut terkena dampak yang sama.

Namun, pemerintah Vietnam dikabarkan tetap akan berusaha menggelar balapan mobil paling bergengsi tersebut di negaranya pada April mendatang. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Deputi Pariwisata Vietnam, Tran Trung Hieu.

Baginya, penundaan balapan tersebut bisa merugikan salah satu negara di Asia Tenggara itu, terutama dari segi pariwisata dan juga ekonomi. 


“Balapan F1 di Vietnam tidak akan dibatalkan atau ditunda. Meski ini adalah kegiatan olahraga, tetapi pengaruhnya terhadap pariwisata Vietnam dan Hanoi sangatlah besar,” kata Trung Hieu kepada AFP..

Sementara itu, CEO McLaren, Zak Brown, baru-baru ini juga dimintai pendapatnya mengenai gelaran F1 GP Vietnam 2020. Namun, pria 48 tahun ini mengaku tidak ingin mengambil risiko dengan mengisyaratkan bahwa pihaknya setuju pembatalan balapan di Vietnam tersebut.

“Jelas segi keamanan McLaren dan dunia merupakan hal yang paling penting. Vietnam memang belum punya masalah yang potensial, tetapi (posisi negara) mereka bersebelahan dengan China,” ucap Brown.

“Kami tak akan pernah melakukan apapun yang bisa membahayakan orang-orang kami. Jadi, kami masih terus memantau kondisi ini.”[]


Sumber : akurat.co