Sering Diabaikan, Ini Manfaat Menghirup dan Mengeluarkan Air dari Hidung saat Berwudu

BATAMCLICK.COM : Masih banyak orang yang belum merasakan manfaat dari berwudu, kegiatan berwudu hanya dimaknai sebagai kewajiban membersihkan diri sebelum melakukan Ibadah. Salah satu yang seringkali dilupakan ketika berwudu adalah menjalankan Sunnah Wudu yaitu menghirup air lewat hindung (istinsyaq) dan mengeluarkannya (istintsar). Menghirup air lewat hidung memiliki banyak sekali manfaat. Rasulullah Saw dalam setiap Wudu beliau tidak pernah meninggalkan kumur-kumur, istinsyaq dan istintsar.

Rasulullah Saw bersabda:

“Dan apabila salah seorang kamu berwudu, maka hendaknya ia memasukkan air ke dalam hidungnya lalu ia keluarkan kembali,” (HR. al-Bukhari & Muslim).

Seperti kita ketahui bahwa lubang hidung merupakan salah satu jalan masuk kotoran dari luar ke dalam tubuh. Apalagi sekarang udara bersih dan sehat sudah sangat langka akibat polusi dari asap kendaraan bermotor. Untuk itu sebaiknya kita melakukan istinsyaq dan istinstar ini dengan benar, agar hidung sebagai jalan masuknya udara senantiasa bersih dari kuman, virus, dan bakteri.

Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika menghirup air lewat hidung, seperti hanya membasahi jari tangannya lalu memasukkan ke dalam hidung, ada juga yang hanya menyentuhkan air ke pangkal hidungnya tanpa menghirup air.

Secara ilmiah telah terbukti bahwa banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari aktivitas berwudu terutama istinsyaq ini. Apabila dalam sehari kita berwudu minimal 5 kali saja saat akan salat fardhu dan setiap berwudu kita beristinsyaq sebanyak tiga kali, maka dalam satu hari kita sudah membersihkan rongga hidung dari kuman, virus dan bakteri sebanyak 15 kali.

Selain memiliki manfaat yang besar dalam menjaga kesehatan jasmani, istinsyaq juga bermanfaat bagi kesehatan rohani, Rasulullah menganjurkan kita untuk menghirup air lewat hidung untung mengusir setan dari lubang hidung.

“Jika salah seorang di antara kamu bangun dari tidur, maka hendaklah dia beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) setelah istinsyaq (menghirup air ke hidung) tiga kali. Sebab setan menginap di rongga hidungnya,” (HR. Bukhari Muslim).

Menghirup air lewat hidung lalu mengeluarkannya kembali juga dapat menggugurkan dosa, seperti dalam sabda Rasulullah:

Dari Abu Umamah RA, bahwasanya Rasulullah bersabda, “Siapapun yang berdiri menuju air wudunya dengan maksud mengerjakan salat, kemudian ia membasuh kedua telapak tangannya, maka turun (keluar)lah dosanya dari kedua telapak tangannya bersama tetesan air. Apabila ia berkumur-kumur, beristinsyaq dan istintsar (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung) maka keluarlah dosanya dari lisan dan bibirnya bersama awalnya tetesan air, dan seterusnya,” (HR. Ahmad).[]

Sumber : akurat.co