Pemerintah Bakal Bangun Stadion Basket Standar Internasional

BATAMCLICK.COM :  Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 mendatang. Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih, menyatakan bahwa Indonesia akan membangun venue baru kelas dunia untuk ajang itu.

Istora Senayan sebenarnya sudah disetujui untuk menggelar kompetisi basket antar belahan dunia tersebut. Akan tetapi, kapasitas tempat duduk Istora tidak mencapai delapan ribu sesuai standar dari Federasi Basket Internasional (FIBA).

“Ketika saya meninjau Istora Senayan bersama Bapak Erick (Thohir) dan FIBA, sebenarnya Istora sudah disetujui, tapi setelah dicek kursinya memang kurang. Kita butuhnya minimal 8.000, sedangkan Istora 7.200,” kata Danny.

Lebih lanjut, Danny mengatakan rencana pembangunan anyar ini telah mendapat persetujuan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Kapasitas diperkirakan bakal lebih besar mencapai 15 hingga 20 ribu kursi.

“Jadi memang sangat ada kekurangan. Dari satu jalan, hanya kita cepat bisa membangun kembali. Dan kemarin oleh Bapak Presiden sudah di-acc dan sudah diperintahkan untuk segera dibangun,” lanjutnya.

“Diharapkan (kapasitas) 15 ribu sampai 20 ribu penonton. Tempatnya areanya di mana? Kita minta kalau bisa jangan jauh dari Senayan karena hotel di sekitar Senayan. Gedung ini bukan hanya untuk basket, tapi serbaguna untuk musik atau apapun.”[]


Sumber : akurat.co