Ini Daftar Jalan yang Ditutup dalam Rangka Batam Bersepeda


Batamclick.com, Batam – Jajaran kepolisian khususnya Satlantas Polresta Barelang melakukan pengalihan dan penutupan arus lalulintas dibeberapa ruas jalan yang akan dilalui peserta dalam kegiatan Batam  Bersepeda 2020 yang jatuh pada hari senin 20 Januari 2020 mendatang.

” Untuk menghindari terjadinya kepadatan arus lalulintas, kami menghimbau kepada masyarakat Batam agar mencari alternatif jalan lain,” jelas Kasatlantas Polresta Barelang, Kompol Muchlis Nadjar.


BACA JUGA:


Ia menghimbau untuk semua masyarakat Batam pengguna jalan raya, agar dapat menggunakan alternatif jalan lain apabila bersamaan dengan waktu kegiatan Batam Bersepeda 2020.

” Adapun skema pengamanan rute Batam Bersepeda 2020, ia menjelaskan untuk mengkampanyekan gerakan Batam bebas dari bahaya polusi udara kendaraan berupa Karbon Monoksida dan timbal,” ujar Muchlis kepada awak media, Sabtu (18/01/2020).

Dikatakan Muchlis, Titik star dimulai dari pukul 05.00 wib di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Untuk jalan masuk lokasi akan ditutup dari simpang Bank Indonesia, simpang Masjid Raya karena peserta akan belok kiri menuju simpang Frengki.

Kemudian memasuki simpang Frengki dan simpang Kara, sistem pengamanan akan diberlakukan secara fleksibel dengan tidak menutup total arus lalulintas.

” Sedangkan disimpang Kepri Mall, arus dari Muka Kuning menuju arus lambat Sukajadi akan ditutup. Peserta bersepeda akan diarahkan langsung menuju jalur lambat Sukajadi, dititik ini kita tempatkan personel Kepolisian untuk melaksanakan pengaturan arus lalulintas,” ungkap Muchlis.

Lalu Pitstop pertama di Kantor Dinas Perhubungan, dan peserta akan diarahkan menuju Jembatan Fly Over. Memasuki simpang Indomobil, kemudian para peserta akan diarahkan menuju simpang Baloi menuju kearah Grand Mall Batam.

“Memasuki simpang Harmoni, peserta akan diarahkan ke simpang Martabak Har dan selanjutnya akan dikerahkan ke simpang Irinko untuk kembali menuju ke simpang Polsek Lubuk Baja,” jelasnya.

Lalu selanjutnya peserta akan menuju kembali ke sebelah kiri Fly Over madani. Untuk pitstop kedua di Dataran Engku Hamidah. Selanjutnya peserta akan melewati simpang Gelael untuk menuju Bundaran Madani.

“Di Bundaran Madani, peserta bersepeda akan menuju ke Simpang Kadin Ikan Daun, dan Masjid Raya. Disetiap persimpangan akan kita letakkan personel. Peserta akan diarahkan ke Bundaran Otorita Batam dan akan finish kembali di Dataran Engku Putri,” terang Muchlis.

Kemudian untuk penanganan pertama apabila terjadi cidera dalam bersepeda, akan diletakan mobil Ambulance dan mobil Pick Up di 15 lokasi diantaranya yakni Dataran Engku Putri, depan Masjid Agung, Simpang Kara, Hotel Radisson, dan Klinik Baloi.

“Serta ada juga yang diletakan di Grand Mall Batam, Takadelli Cake Nagoya, Hotel The Hill, Telkom Pelita, Bank BPR, BNI Syariah Baloi, D’Penyet Lubuk Baja, Dataran Engku Hamidah, Prodia Batam Center, dan Halte Ikan Daun,” Tutup Muchlis.(lin)