Panwascam Pasbar Dilantik, Diminta Buat Pemetaan Pengawasan Pilkada Sejak Dini

Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria, melantik 33 orang Panwascam se Kabupaten Pasbar, Senin (23/12), di Aula Hotel Gucci Simpang Empat. (foto: istimewa)

BATAMCLICK.COM, PASBAR – 33 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar dilantik, oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu Pasaman Barat, Emra Patria, Senin (23/12) di Aula Hotel Gucci Simpang Empat.

Dalam pelantikan tersebut, disejalankan dengan bimbingan teknis bagi seluruh Panwascam di 11 Kecamatan se Kabupaten.


BACA JUGA:

“Masing-masing Kecamatan terdiri dari tiga orang Panwascam, setelah dilantik oleh Ketua Bawaslu, mereka akan mengikuti Bimtek. Sebagai pembekalan sebelum menjalankan tugas dalam pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria melalui Kordinator Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL), Aditya Pratama.

Dia berpesan, para Panwascam yang baru saja dilantik agar dapat saling bekerjasama, membangun komunikasi yang baik, dengan seluruh unsur dan stakeholder terkait.

“Tugas berat sudah menanti, harus persiapkan diri. Tahap awal yang harus dikerjakan adalah pemetaan terhadap pengawasan tahapan Pilkada serentak 2020,” tambahnya.

Aditya juga meminta, agar Panwascam dapat membuat langkah-langkah konkrit di setiap Kecamatan, serta memberikan pendidikan politik, atau berdemokrasi yang sehat. Sehingga pelaksanaan Pilkada pada 23 September 2020 mendatang dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Meningkat atau tidaknya partisipasi pemilih pada saat pencoblosan, itu juga tidak terlepas dari andil para Panwascam,” tutupnya.

Hadir dalam kesempatan itu beberapa kepala Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pasaman Barat, instnasi vertical mulai dari TNI Polri, Kejaksaan Negeri,para Camat, komisioner Bawaslu Provinsi Sumbar dan Komisioner Bawaslu Pasaman Barat.

(Septria Rahmat)