SERAHKAN 1.070 SERTIFIKAT TANAH, BUPATI ROTE NDAO TERIMA KASIH KE JOKOWI


BATAMCLICK.COM,ROTE NDAO: Jaconias Walalayo dalam sambutannya menyampaikan, ada 3 hal penting bagi warga penerima sertifikat, guna memperhatikan tentang pentingnya sertifikat hak atas tanah, yakni: Pertama, memberikan jaminan kepastian hukum sebagai alat bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikat.

Kemudian kedua, meminilasir konflik horizontal atas tanah antar warga dalam desa. Dan ketiga, Bila sudah mendapat sertifikat maka bisa menambah nilai ekonomis tanah serta bisa dijadikan aset kedepan.

BACA JUGA : 

Selain itu, masyarakat baik yang sudah menerima sertifikat maupun yang belum terdata tanahnya, agar memberikan ijin bagi petugas, baik pada tingkat Desa dan Badan Pertanahan Rote Ndao untuk mengukurnya, sehingga proses legalitas kepemilikan segera diurus oleh pihak pertanahan.

Bupati Rote Ndao, Ny. Paulina Haning Bully,SE dan Kakanwil BPN NTT bersama Forkopimda menuju tempat penyerahan sertifikat tanah
Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE. dalam sambutannya mengatakan, penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat melalui kegiatan PTSL Tahun 2019, Kita sangat berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, atas kebijakan program nasional yang memberi dampak positif bagi kepentingan seluruh rakyat indonesia melalui program PTSL.

Selanjutnya, Ny.Paulina Haning Bulu, mengimbau agar warga masyarakat secara baik menjaga sertifikat tanah yang sudah di peroleh, jangan mudah terlena dengan uang yang banyak sehingga mudah melepaskan tanah mereka kepada warga asing.

Sertifikat yang sudah diterima perlu di jaga sebaik mungkin batas-batas tanah agar tidak terjadi potensi sengketa dalam desa sendiri. Jangan mudah untuk menjualnya tetapi perlu dijaga untuk anak cucu.

” Tolong jaga baik-baik ya, tanah bapak, mama. Ingat jangan mudah jual tanah karena tanah tidak melahirkan tanah namun bapa, mama terus melahirkan anak cucu dan generasi berikutnya. Tolong jaga batas secara baik agar terhindar dari potensi sengketa dalam desa” Ujar Bupati Haning Bullu.

Kepada Camat dan para kepala desa Bupati Menghimbau agar wajib memberikan pemahaman dan pencerahan secara baik bagi warga masyarakat agar tidak mudah menjual tanah yang sudah menjadi hak miliki mereka .Tandasnya.

Sementara Kepala Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Bernad Lenggu dalam kegiatan pembagian sertifikat tanah tersebut, Ia mengatakan, sangat bersyukur dan antusiasme sebagai pemerintah desa dan masyarakat Nemberala di nobatkan selaku Desa terlengkap.

Hal ini dibuktikan keberhasilan desa lengkap PTSL 2019 Kabupaten Rote Ndao yaitu Desa Nemberala yang mencapai 1,418 bidang tanah selain empat desa lengkap di Pulau Ndao yang meraih Pulau Lengkap PTSL 2019.

Undangan yang menghadiri dalam kegiatan pembagian sertifikat tanah program PTSL Tahun 2019, di Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat yakni Dandim 1627 Rote Ndao,LETKOL. Kav Andriyan Wahyu D. Atmoko, S.I.P, Komandan Pangkalan TNI AL Pulau Rote, LETKOL LAUT. Akhmad Alif Saifuddin Z., M.Tr.Hanla, Ketua Pengadilan Negeri Klas II, Kabupaten Rote Ndao, Beauty D.E. Simatauw, SH, MH., Kapolsek Kecamatan Rote Barat, IPDA. Marfilson Petrus, SH, Forkampinda Rote Ndao, parah Camat serta warga masyarakat penerima sertifikat tanah.(Dance Henukh)