LSPKP Beri Sertifikasi Kompetensi pada Nelayan Desa Faifua


BATAMCLICK.COM: RoteNdao: Asesor Uji Kopetensi LSPKP (Lembaga Sertifikasi Prifesi Kelautan dan Perikanan) Jakarta, Legou menyatakan, kegiatan sertifikasi kopetensi tenaga kerja industri atau pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan ini, untuk memberikan pengakuan terhadap keahlian para nelayan para pengolah yang di wilayah Desa Faifua yang akan disertifikasi keahliannya.

“Dan kegiatan ini berlansung cuman satu hari saja, karena kita terbatas jadi kita menjangkau desa ini sebagai uji coba dulu,” ungkapnya.

BACA JUGA : 

Ia berharap masyarakat semakin kompeten dan masyarakat nelayan harus mampu menguasai potensi mengelola yang ada di desa ini, agar bisa mendapatkan nilai tambah.

Selanjutnya  Kepala Desa Faifua, Jefri Sjion menyatakan, tujuan kegiatan ini untuk mensertifikasi peserta usaha di bidang perikanan dan kelautan, sehingga pelaku usaha bisa mendapat sertifikat pengakuan dalam usahanya, dan sertifikat itu dapat berguna dimanapun ada usahah-usaha perikanan penangkapan dan pengolahan.

Lanjutnya yang mengikuti kegiatan ini betul-betul nelayan yang selama ini mata pencarian mereka sebagai nelayan.

Dan ibu-ibu diharapkan menjadi pelaku usaha seperti budi daya rumput laut, itu diberikan sertifikat karena mereka bisa melakukan pengolahan dari hasil rumput laut tersebut.

Ditambahkan Jefri, pelatihan ini ada 2 tahapan yaitu pelatihan penangkapan dan pengolahan,

“Jadi saya berharap kalau bisa pelatihan sertifikat ini kedepan ada lagi agar masyarakat lebih banyak memiliki sertifikat, sehingga dalam usaha penangkapan, kalau ada pekerjaan di kapal-kapal itu mereka bisa di rekrut bagai ABK (Ana Bua Kapal) karena sudah memiliki sertifikat,” tutup Jefri.(dance)