Dari Giat Polres Anambas, Basembang Bacarita dengan Tokoh Masyarakat

BATAMCLICK.COM: Polres Kepulauan Anambas laksanakan Basembang Bacarita yang bertempat di ruang terbuka Penginapan Miranti Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (14/11/2019).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Anambas AKBP Junoto. SIK yang diwakili oleh Wakapolres Kepulauan Anambas Kompol H. Rafizal Amin. SS, Kapolsek Jemaja AKP Feri Kuswanto. SH, Kasiwas Polres Kepulauan Anambas IPDA Zainal, Kasipropam Polres Kepulauan Anambas IPDA M. Simanjuntak, Wakapolsek Jemaja IPDA Rabul Yamin, Kanit Reskrim Polsek Jemaja IPDA Alex Yasral.

BACA JUGA : 

Hadir juga Ps. Kanit Provos Polsek Jemaja Bripka Firmansyah, Ps. Kanit Binmas Bripka Rizki Heruputra, Bhabinkantibmas Jemaja Timur Polsek Jemaja Bripda Irwansyah, Personil Polsek Jemaja, Isti Subandi Lurah Letung, Abdul Malik tokoh masyarakat Jemaja, Abdul Gafar Tokoh Masyarakat Jemaja, Sahlan tokoh masyarakat Jemaja Timur, Kasmir Anggota , Tarmimi Ketua Rt III, Asmardi tokoh Pemuda, Layum tokoh Pemuda, Abdillah masyarakat Nelayan, Rohadi Masyarakat Nelayan, Muli Masyarakat, Safri Masyarakat, Asnita Masyarakat, dan Wazillah Masyarakat.

AKBP Junoto SIK Kapolres Anambas yang diwakili oleh Wakapolres Anambas Kompol H. Rafizal Amin.SH dalam penyampaiannya mengatakan Ucapan selamat datang dan terima kasih oleh Wakapolres Kepulauan Anambas untuk tamu yang hadir yang telah menyaksikan acara tersebut Basambang Bacarita pada hari ini.

Wakapolres Kepulauan Anambas terhadap tujuan dan tujuan yang dilakukan kegiatan Basambang Bacarita di Kelurahan Letung, antara lain merupakan wadah forum silaturahmi antara masyarakat dan Polri dalam rangka meningkatkan Harkamtibmas kegiatan ini dilakukan dalam rangka antisipasi guna terciptanya.

Harkamtibmas merupakan tugas dan tanggung jawab Polri namun dalam diperlukannya memerlukan masyarakat dalam rangka sinergitas perlu dilakukan konsultasi dan komunikasi dalam menemukan dan memecahkan masalah yang perlu diselesaikan dengan menyelesaikan masalah, perlu dilakukan himbauan lisan atau tulisan .

Dengan adanya kegiatan Basambang Bacarita dapat membantah kinerja kepolisian dalam meningkatkan sistem keamanan saat ini di wilayah Kepualauan Anambas telah memulai musim utara perlu dilakukan antisipasi terhadap segala hal.

Perlu dilakukan dan jangan sampai masyarakat sudah kelah kesah namun tidak ditanggapi sehingga terjadi sesuatu di anggap lamban dalam upaya.

Terkait keresahan masyarakat terhadap buaya pembohong di wilayah Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, pihak Kecamatan Jemaja Timur sudah menyurati pihak dinas terkait guna dilakukan tindakkan.

Dihimbau bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam bertindak menyelesai masalah buaya mengingat buaya adalah hewan yang dilindungi, jangan sampai terjerat dengan pertentangan hukum.

Kepada Kapolsek Jemaja diterima nanti ada laporan masyarakat segera ditanggapai dengan cepat. Disampaikan Kepada masyarakat tentang Kepolisian pada setiap malam Minggu akan melakukan kegiatan K2YD dalam meningkatkan Harkamtibmas diharap untuk masyarakat untuk mendukung hal ini.

Asnita selaku Masyarakat Letung dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kondisi peraiaran saat ini berlaku pasang malam sehingga memungkinkan buaya berkeliaran hingga kedaratan.

Jauh pada tahun sebelumnya pernah terjadi penyerangan buaya terhadap masyarakat Jemaja yang dilakukan tangan masyarakat putus. Abdul Malik selaku tokoh Masyarakat Letung dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Sungai di Padang Melang ada satu ekor buaya perlu dilakukan tindakkan.

Jika manusia melawan hukum yaitu manusia melawan manusia maka harus melawan bagaimana buaya melakukan hal tersebut tidak dilakukan tindakkan hukum.

Layak selaku tokoh Pemuda Letung dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Kenakalan remaja saat ini meresahkan, di mana sering terjadi kebut – kebutan yang membuat resah yang perlu dilakukan tindakkan.

Isti Subandi Lurah Letung dalam penyampaiannya mengatakan “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mendatangi lokasi yang dianggap rawan penyerangan buaya, karena tidak ada gunanya hanya ingin melihat melihat bagaimana memperbaikinya pribadi”.

Kompol Rafizal Amin.SH ucapkan terima kasih dari kami pihak kepolisian mengambil keputusan Polsek Jemaja akan berkoordinasi dengan instansi terkait yang terkait dengan pak camat dan kelurahan lokal.

Terkait pertimbangan buaya, langkah awal yang kita ambil, agar Kapolsek melalui Bhabinkamtibmas Jemaja / Jemaja Timur berkoordinasi dengan pihak Desa untuk memasang Tanda2 rawan, yang di tempat tempat buaya yang sering muncul.

Kemudian Kades Agar menyurati Bupati tentang penangkapan buaya, karena hal tersebut memerlukan anggaran yang cukup besar, karena buaya jika membunuh manusia tidak ada hukumnya.

Tentang harkamtibmas di wilayah jemaja marilah kita jaga sama-sama membahas tentang yang kondusif, naik dengan anak-anak yang sedang naik motor yang kebut-kebutan agar orang tua dia juga menesehati dan memperbaikinya, jangan di bebankan pada kepolisian.(UDA)