Ribuan Wisatawan Asing Ramaikan Tabligh Akbar di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah tak Kosong Jamaah

BATAMCLICK.COM: Puluhan ribu jamaah hadir dalam  Tabligh Akbar Kemilau Muharram 1441 H / 2019 M Kota Batam yang disejalankan dengan pereamian penggunaan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/9/2019) pagi.

Ustad Abdul Somad (UAS), diundang untuk mengisi Tabligh Akbar tersebut, sebelumnya, panitia membisikkan ke UAS bertanya bagaimana cara memakmurkan masjid, karena masjid yang mampu menampung 25 ribu jamaah ini dibangun jauh dari pemukiman penduduk.

BACA JUGA : 

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustad Abdul Somad memberikan beberapa tips, yakni dengan terus membuat pengajian setuap malam di Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah.

“Malam Senin bahas Sifatullah, malam Selasa kajian hadist, malam Rabu bedah surah-surah pendek, agar jamaah kalau sedang sholat, dia paham apa yang dia baca, malam Kamis kajian akhlaq, tak guna pengajian kalau akhlaq kita tak baik, tak bagus. Malam Jumat tak ada pengajian, baca Yassin bersama-sama, tapi bacanya harus diperbaiki, banyak orang membaca yassin, tapi makhrojal hurufnya tak benar, malam Sabtu kajian fiqih, malam Minggu Tabligh Akbar, undang Ustad Das’ad Latief dari Makassar, undang Ustad Yayahya Waloni, undang ustad-ustad yang ahli fiqih, ahli tafsir, bikin pola fikir anak-anak kita kalau setiap malam minggu ada tabligh akbar di masjid ini, sehingga mereka berbondong-bondong ke sini, habis itu dilanjutkan dengan ikhtikaf bersama,” ungkap Ustad Somad berapi-api penuh motifasi.

Selain masyarakat Batam, Tabligh Akbar ini juga dihadiri ribuan jamaah dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam dan Thailand.

Oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardi Winata, para tamu luar negeri ini diberikan tempat tersendiri .

“Kita bersyukur mereka datang dan mengikuti tabligh akbar ini, selepas tabligh akbar, mereka kita ajak keliling masjid, untuk melihat-lihat keindahan masjid serta mengetahui sejarah Islam di Kepri khususnya Batam,” Ardi Winata.

Usai ceramah Ustad Somad, jamaah pun melangsungkan sholat Jumat dan dilanjuti dengan sholat istisqo.(bos)