Tobat lah… Pengendara Terjaring Razia Diceramahi Ustad

BATAMCLICK.COM: Jajaran Satlantas Polresta Barelang menemukan trobosan baru dalam menggelar razia lalulintas. Kalau yg biasa razia gabungan melibati unsur TNI, Dinas Perhubungan dan Samsat, kali ini, polisi berikat pinggangbputih itu menggandeng para tokoh agama. Waduh… apa kaitannya ya..?

Razia yang dilakukan Polresta Barelang memasuki hari ke 11 mungkin agak sedikit berbeda dengan mendatangkan pemuka agama, tepatnya di daerah Jodoh depan Hotel Travellodge, Senin (9/9/2019).

BACA JUGA : 

Mereka yang terjaring razia karena melanggar peraturan lalu lintas mendapatkan siraman rohani singkat dari pemuka agama.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati S.ik., M.H mengatakan, selain menghadirkan pemuka agama dalam Operasi Patuh Seligi 2019 kali ini, pihaknya juga mendatangkan Dispenda Kepri.

“Pemuka agama dalam hal ini merupakan inovasi untuk menyentuh masyarakat kota Batam agar menyadari kesalahan yang telah dilakukan. Adapun siraman rohani yang diberikan mengenai hal tertib berlalu lintas, baik itu dari Ustad maupun Pendeta,” ujar Putu.

Sedikitnya, ada sekitar 20 personil Satlantas Polresta Barelang yang turun dalam pelaksanaan razia ini bersama jajaran BP2RD Kepri.

Putu juga menghimbau kepada masyarakat agar saat keluar mengemudikan kendaraan cek kembali kelengkapan dokumen baik itu SIM maupun STNK.

” Karena dalam pelaksanaan razia operasi patuh seligi 2019 ini para petugas melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. Semua kelengkapan dokumen pengendara akan kita lihat”,tambahnya.

BP2RD diikutsertakan dalam operasi ini sebagai alternatif lain jika masyarakat yang terkena razia memilih membayar pajak ketimbang ditilang.
“Jadi apabila pada saat razia ada pengendara yang STNK mati pajak, maka kita berikan pilihan mau bayar pajak atau ditilang,” jelas Putu.

Menurut putu, tujuan diadakannya operasi lalu lintas ini agar dapat menumbuhkan sikap kedisiplinan dan tata tertib kepada masyarakat dalam hal berlalu lintas.

“Sehingga akan tercipta yang namanya keamanan, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcar),” tutupnya.(lin)