Posyandu Sekunder 1 Ophir, Koto Baru dilakukan Penilaian Oleh Tim Provinsi Sumbar

Batamclick.com, Pasbar – Posyandu Sekunder 1 Terintegrasi Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dan Bina Keluarga Balita ( BKB ) yang berada wilayah Nagari Persiapan Ophir, Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo mewakili Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka lomba posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ) Tahun 2019.

Penilaian lomba posyandu dilakukan oleh tim dari Provinsi Sumbar yang di ketuai langsung oleh Ketua TP. PKK Sumbar, Nevi Irwan Paryitno beserta tim gabungan dinas dan instansi dari Provinsi, hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019.

BACA JUGA : 

Pelaksana Tugas Bupati Pasbar, H. Yulianto mengatakan di saat sambutanya, bahwa pelayanan berbasis posyandu saat ini terus dikembangkan dengan meningkatkan peran masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Hal tersebut harus terus dibina sehingga pada akhirnya menjadi sikap serta perilaku budaya masyarakat kita.

“Peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan semakin membuktikan hasilnya dari mulai pemeriksaan terhadap ibu hamil, penimbangan balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lanjut usia, PAUD.” Ungkapnya.

” Mudah-mudahan dapat mewujudkan peningkatan pembangunan pada bidang kesehatan, mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan indek pembangunan manusia di Pasbar. ” Harapannya.

Selanjutnya, Pemkab Pasbar telah melakukan berbagai upaya antara lain: mendorong nagari untuk meningkatkan Anggaran Dana Nagari ( ADN ) untuk posyandu baik berupa honorarium kader maupun biaya operasional posyandu, juga mendorong pemerintah nagari untuk melengkapi sarana dan prasarana Posyandu, sinergitas antara semua stakeholder untuk mensosialisasikan seluruh program posyandu, membangun aplikasi SIPON DPMN yang berguna memantau pelaksanaan posyandu, melaksanakan penilaian posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Pasbar. Kata Yulianto.

” Penilaian yang dilakukan oleh DPMN beberapa waktu lalu, kita melihat Posyandu Sekunder 1 Ophir merupakan Posyandu terbaik tingkat Pasbar hendaknya dapat berkiprah di tingkat Provinsi dan Nasional ,” Terangnya.

Kesempatan lain, Ketua Tim Penilai Posyandu berprestasi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, menjelaskan bahwa kader posyandu sekunder 1 ophir layak masuk nominasi tingkat Sumbar. Sebab itu kita hari ini turun untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan posyandu secara langsung.

Penilaian kader posyandu berprestasi tingkat Sumbar diakhiri dengan peninjauan dan penilaian posyandu sekunder 1 ophir oleh tim penilai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Pasbar,H. Erianto, Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, Wakil Ketua TP. PKK Pasbar, Sifrowati Yulianto, Kepala DPMN Pasbar, Etris Dsem, Camat Luhak Nan Duo, Wali Nagari Koto Baru, Perangkat Wali Nagari Persiapan Ophir dan masyarakat setempat.
( Septria Rahmat Amin )