Ternyata 2 Tahun Terakhir Gubernur Kepri Selalu Minta Petunjuk ke Mendagri

BATAMCLICK.COM: Penangkapan terhadap Gubernur Kepri H Nurdin Basirun oleh KPK, menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi Mendagri Tjahjo Kumolo

Pasalnya sejauh ini menurut Tjahjo, Nurdin selalu berkomunikasi dengannya dan kerap kali meminta petunjuk dalam menjalankan roda pemerintahan Provinsi Kepri.

BACA JUGA : 

“Hampir dua tahun ini komunikasi saya dengan bapak gubernur intensif dalam rangka Otorita Batam (BP Batam, red) ini,” terang Tjahjo di Jakarta, kemarin.

Dua tahun terakhir, Nurdin selalu meminta saran kepada dia tentang bagaimana menjalankan pemerintahan yang baik. Khususnya terkait pengembangan BP Batam.

’’Saya ingatkan masalah aset, area rawan korupsi,’’ lanjut mantan Sekjen PDIP itu.

Kemarin, dia juga memanggil Wagub Kepri Isdianto untuk membahas problem apa di Pemprov Kepri. Bagi Tjahjo, apapun yang terjadi pemerintahan di Kepri tidak boleh terganggu. Integrasi program dengan pemerintah pusat juga harus tetap berjalan meskipun gubernur sedang berurusan dengan hukum.

BACA JUGA:

’’Kepri adalah daerah tujuan wisata dan investasi, yang semua harusnya dipercepat namun tetap sesuai mekanisme dan aturan’’ tutur pria kelahiran Semarang itu.

Menurut Mendagri, kasus Nurdin sekaligus menjadi pembelajaran bagi para kepala daerah lain. ’’Kalau rancangan perda belum tuntas jangan di-follow up dulu karena menyangkut kepentingan masyarakat,’’ imbuhnya.

Selama ini, upaya preventif menurut Tjahjo sudah berjalan dengan baik. Setiap usai pelantikan di Istana, dia selalu membawa para gubernur dan wagub datang ke KPK. Sehingga komunikasi antara kepala daerah dengan KPK juga bisa terbangun. Bila ada keraguan menyangkut program dan aturan, KPK terbuka untuk konsultasi ataupun dimintai masukan.

Tjahjo menambahkan, pihaknya tidak mungkin memonitor kepala daerah 24 jam. Prinsipnya, aturan sudah dibuat dan itulah yang harus ditegakkan. ’’Kalau itu diikuti saja, bisa saling mengingatkan,’’ tambahnya.

BACA JUGA:

Artikel ini telah terbit di Batampos.co.id