Jumlah Pemilih Per TPS Saat Pilkada 800 Orang

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko

BATAMCLICK.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun memastikan, jumlah pemilih masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Kabupaten Karimun mencapai 800 orang.

Angka tersebut terbilang lebih besar dibanding jumlah pemilih pada Pemilu 2019, yang masing-masing TPS maksimal hanya mencapai 300 pemilih. Angka tersebut mengacu pada undang-undang Pilkada tahun 2014.

BACA JUGA : 

“Kita mengacu kepada regulasi lama, artinya tidak sama dengan Pemilu 2019 yang jumlah pemilih tidak boleh lebih dari 300 orang. Sehingga dipastikan jumlah pemilih di setiap TPS pada Pilkada Kabupaten Karimun nanti mencapai 800 orang,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Rabu (10/7).

Dengan demikian, dia memsatikan akan terjadi pengurangan jumlah TPS jika melihat pada pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin ada 780 TPS.

“Kalau untuk acuan daftar pemilih, kita ikut data pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pelaksanaan Pemilu terakhir. Artinya 170.504 DPT akan jadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dievaluasi lagi,” katanya.(gan)