BATAMCLICM.COM: Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang ke-11 tahun 2019 jatuh pada tanggal 24 Juni dengan tema “Dengan semangat hari jadi ke-11 Kabupaten Kepulauan Anambas kita perkuat persaudaraan dan sinergitas sebagai modal pembangunan berkesinambungan, Senin (24/6/2019).

Kegiatan dipimpin ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Imran dan dihadiri oleh BRIGJEN.POL.DRS.H. ANDI LOEDIANTO (Perwira Tinggi Mabes Polri), ABDUL HARIS (Bupati KKA), KOMPOL RAFIZAL AMIN ( Waka Polres Kepulauan Anambas), KAPTEN BUDI ( Perwakilan Danlanal Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas), Mayor Laut (T) Arif Gunawan ( Danlanudal Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas), WAN ZUHENDRA (Wakil Bupati KKA), SAHTIAR ( Sekda KKA).

Aggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Anambas, FKUB Kabupaten Kepulauan Anambas, Camat se Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Desa se Kabupaten Kepulauan Anambas, Tokoh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, Pers Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sebelumnya kami sangat menghormati dan sangat mengapresiasi semua yang hadir dalam kegiatan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dalam memperingati hari jadi ke-11 (sebelas), memperingati hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan Amanat dari pemerintah daerah berdasarkan Perda No 4 tahun 2011 tentang hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas,” kata Abdul Haris, SH Bupati Anambas.

Ditambahkannya, makna lebih pemerintah dapat membangun Anambas lebih baik lagi kedepan guna dapat menyelesaikan tuntutan yang ada pada masyarakat.

Hari jadi merupakan tonggak sejarah dalam pembangunan daerah di wilayah negara Republik Indonesia, maka sudah harus bagi kita menselaraskan hari jadi dengan rasa nasionalisme kita, dengan tema hari jadi tahun 2019 ” dengan semangat hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas mari kita perkuat persaudaraan dan sinergitas”.

Tema ini merupakan tema yang dapat membangunkan semangat kita dalam melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, proses dinamika pembangunan daerah kita yaitu Kabupaten Kepulauan Anambas harus didasari secara yurisidis.

Anambas mempunyai Visi yaitu Anambas Bermadah 2021, dikarenakan menurut seorang ahli yaitu “bahwa tidak ada wilayah yang miskin akan tetapi wilayah itu yang tidak dapat dikelola dengan baik”.

“Secara intern pengolahan keuangan kita ditahun 2019 mendapatkan WTP (wajar tanpa pengecualian) dan diharapkan tahun 2020 kita mendapatkan aped tingkat 3 yang saat ini masih pada tingkat 2,” ucapnya.

Kabupaten sangat potensial dari pada wilayah lain karna memiliki sumber daya alam yang sangat banyak, sehingga kita perlu mengkelola sumber daya tersebut dengan kerja sama instansi pemerintah daerah sehingga dapat mengawasi proses pengelolaan sumber daya tersebut.

Pembangunan Kabupaten Kepulaian Anambas berdasarkan 3 Yuridis yaitu, Rencana pembangunan jangka panjang Kabupaten Kepulauan Anambas 2005 sampai dengan 2025, Rencana pembangunan Menengah Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2016 sampai dengan 2021.

Renja kabupaten yang dalam spektrum lebih luas dengan pencapaian visi semua itu kita implementasikan dalam berbagai misi antara lain, Menyebarkan ilmu pendidikan secara rata di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Membangun infrasgruktur air dan listrik untuk kehidupan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, membangun konektivitas antara wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, pengembangan perikanan pada sektor maritim Kabupaten Kepulauan Anambas dengan cara mengembangkan perekonomian nelayan dan juga pembibitan ikan, menumbuhkan kewirausahaan di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, pengawasan pada pembangunan-pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas, serta mengembangkan akhlah masyarakat yang berakhlakul karimah.

Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih akan kritikakan, dorongan, masukan selama kami menjabat yang sudah berlangsung selama 4 tahun ini dan kami juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 11 (sebelas) Kabupaten Kepulauan Anambas semoga kedepannya wilayah kita menjadi lebih maju dan unggul dari daerah lain, tutupnya.

Imran Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dalam penyampaiannya antara lain sebagai berikut pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019 ini kita bersama-sama memperingati hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas yang ke 11, pada hari ini juga sudah genap usia Anambas ke 11 tahun yang merupakan seperti Anak Manusia yang sudah beranjak dewasa akan tetapi belum dapat banyak melakukan kegiatan dan harus di dampingi oleh orang tuanya.

“Kita harus dapat bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga tidak hanya bidang ekonomi yang kita kembangkan akan tetapi di sektor lainnya dapat berkembang.

Memang sebagai masyarakat tidak boleh melupakan sejarah berdirinya wilayah akan tetapi sekarang kita harus merepatilisasi dalam semangat pembangunan dengan cara memunculkan rasa kesadaran diri bersama.

“Mari kita suarakan tempat dan lokasi yang memiliki destinasi wisata kepada daerah lain sehingga dapat memicu mereka datang ke wilayah kita dengan tujuan menumbuhkan sisi ekonomi, dan mari kita kuatkan kembali tali persaudaraan kita antar sesama masyarakat agar kita dapat bersama membangun wilayah kita agar lebih unggul dari daerah lainnya,” harapnya.(kasmir)