Warga Tinggam Demo Minta Definitifkan Nagari

BATAMCLICK.COM: Simpang Ampek – Ratusan Masyarakat Tinggam, Jorong Harapan, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan aksi demo menutut pemekaran nagari menjadi Defenitif, untuk menggabungkan antara Jorong Tombang dengan Jorong Harapan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
(DPRD), Senin (24/06/2019) siang.

Tokoh Masyarakat Tinggam, Jorong Harapan, Perwakilan aksi demo, Harun Zein, mengatakan kepada Batamclick.com, mereka telah melakukan aksi demo di Nagari Induk tiga kali, namun tidak ada tanggapan dan kami melanjutkan aksi ke Kantor DPRD PASBAR.

BACA JUGA : 

Ia mengatakan, massa aksi kami hari ini berjumlah sekitar lebih dari 600 orang,

Intinya kami masyarakat Tinggam secepatnya terwujudnya pemekaran menjadi Defenitif sesuai dengan perundang-undangan, supaya bisa kami meningkatkan perekonomian masyarakat dan pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Sesuai data Nagari Induk, Jorong Harapan, Tinggam memiliki Kepala Keluarga (KK) 844 dan Jorong Tombang 227.

Sebab sesuai aturan perundang undangan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 8 point B angka 3 menyebutkan syarat pembentukan sebuah nagari berpenduduk 4.000 jiwa atau 800 KK.

Padahal sesuai data yang diakui Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Jumlah KK di Jorong Harapan hanya 588 KK dan Jorong Tombang 231 KK. ” Katanya.

Kesempatan lain Ketua DPRD PASBAR, Daliyus K, menjelaskan aspirasi sudah di tampung dan disampaikan Komisi 1 DPRD selanjutnya kita akan tindak lanjuti, apa yang bapak rasakan sama apa yang kami rasakan.(sep)