MKBATAMCLICK.COM: Simpang Ampek – Di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, telah berdiri Komunitas Kinali Membaca pada tanggal 4 Juni 2019, komunitas ini berdiri dari inisiatif empat orang anggota yang terdiri dari mahasiswa dan petani di Simpang Jodoh, Pasar Durian Kilangan, Kecamatan Kinali.

Anggota Komunitas Kinali Membaca,
Ali Padri mengatakan kepada Batamclick.com, Minggu ( 23/06/2019), empat anggota yang mendirikan komunitas ini adalah bernama Yogi, Dio, Juni Waldi dan dirinya.

“Tujuan utama kita mendirikan komunitas Kinali Membaca adalah untuk terbangunnya masyarakat kinali yang kritis terhadap situasi lingkungan sekitar melalui budaya literasi,” ungkap Ali.

Ia mengatakan peminat pembaca buku untuk saat ini yang lebih antusias banyak dari anak-anak, sedangkan yang remaja dan dewasa kurang dalam hal membaca.

Adapun buku-buku yang dibaca ialah buku pantun, puisi, cerita anak-anak yang bergambar, biograpi tokoh-tokoh indonesia. Sedangkan dari kalangan remaja dan dewasa lebih banyak yang mempertanyakan buku seputar novel, biograpi, dan lainnya.” Ungkapnya.

“Kegiatan kami membuka lapak komunitas baca ini di setiap hari sabtu sore hingga sampai malam dan gratis untuk semua orang, respon masyarakat sekitar pun cukup baik,” katanya.

Kepada Pemerintah Pasbar. Ali dan rekan-rekan berharap agar turut berinisiatif dan membantu terlibat membangun komunitas baca yang ada di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.(sep)