Cagar budaya Rumah Gadang Tuanku Bosa jadi lokasi favorit berwisata
Cagar budaya Rumah Gadang Tuanku Bosa jadi lokasi favorit berwisata

BATAMCLICK.COM: Objek wisata cagar budaya Rumah Gadang Tuanku Bosa jadi andalan rekrasi masyrakat Pasaman Barat, dalam mengisi liburan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Masyarakat datang berbondong-bondong membawa sanak keluarga, sekedar menikmati budaya Sumatera Barat yang dilestarikan dalam bentuk rumah adat khas Sumatera Barat, Rumah Gadang.

Seorang wisatawan, Fitri (26) mengaku sangat senang berkunjung ke objek wisata cagar budaya tersebut.

“Saya dan keluarga senang sekali datang ke Rumah Adat Tuanku Bosa ini, tempatnya nyaman dan bersih. Apa lagi tiket masuknya hanya Rp5000 per orang,” kata Fitri, Sabtu (8/6).

Dikatakan, cagar budaya Rumah Gadang Tuanku Bosa tidak sekedar menyuguhkan wisata budaya, tapi juga memberikan pelajaran dan penambah pengetahuan bagi para pengunjung tentang adat istiadat Minang Kabau.

“Didalam Rumah Gadang juga disediakan ruangan untuk sholat. Sehingga kita tidak perlu keluar areal untuk melakukan ibadah sholat ketika berkunjung kesini,” Tambah Fitri yang berdomisili di Simpang Tiga ini lagi.

Senada dengan Fitri, pengunjung lainnya, Afyana juga mengungkapkan hal yang sama. Dia merasa senang dapat berwisata budaya di Rumah Gadang Tuanku Bosa.

“Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp5000. Sehingga tidak hanya jadi bojek wisata vaforit masyakat lokal, dari luar daerah juga tentunya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkunjung kesini jika sudah menginjakkan kaki di Sumatera Barat,” kata warga Simpang Empat ini.

Letak cagar budaya Rumah Gadang Tuanku Bosa berlokasi di Koto Dalam Kenagarian Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, membuat pengunjung tidak akan kesulitan mencari rute yang akan dilalui. Berangkat dari Simpang Ampek menuju lokasi hanya memakan waktu sekitar 30 menit menggunakan sepedamotor maupun angkutan umum.

Selama dalam perjalanan dan disekitar Pasaman Barat, pengunjung juga disuguhkan pemandangan indah, air terjun, cagar budaya Lobang Jepang. Serta sajian kuliner ciri khas Pasaman Barat, Kopi Talu di sepanjang jalan Nagari Talu.(sep)