BATAMCLICK.COM: Simpang Ampek — Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Melalui Dinas Ketahanan Pangan Pasbar kerja sama dengan Bulog Sub Divre II Bukittinggi, melakukan operasi pasar (Opas) di Jalan Pasaman Baru depan Kantor Bupati Pasbar, Sumbar. Selasa ( 28/05/2019 ) pagi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pasbar, Yas’ari mengatakan kepada Batamclick.com, hari ini pihaknya melakukan operasi pasar murah berkerja sama dengan Bulog Sub Devisa Regional II Bukittinggi.

Ada beberapa komuditi yang pasarkan pada kesempatan itu, seperti minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, semuanya jauh dari dibawah standar dari harga biasa di pasar, beras di jual Rp 9000 perkilo sedangkan di pasaran harganya mencapai Rp 14.000 perkilo, dan dari pemda untuk pembelian satu paket pembelian digratiskan satu minyak goreng, isi satu paket berupa beras subsidi dengan harga Rp 40.000 harga di pasaran  Rp 65.000, InsyaAllah dengan adanya pasar murah ini masyarakat tertolong.

Ia mengatakan, sebelum melakukan pasar murah pihaknya sudah mengumumkan ke masyarakat.

“Alhamdulillah pagi hari ini masyarakat cukup ramai yang datang untuk membeli, kegiatan ini dilakukan dalam satu hari,” jelasnya.

Dari Pantuan Batamclick.com di lapangan, gula pasir merek “manis kita” harga Rp 11.500 / Kg sedang “terigu kita” Rp 9000/ Kg.

Kepala Bulog Sub Divre II Bukittinggi,  Yudi Wijaya, mengatakan, stok yang ada di gudang Lubuk Sikaping, Lubuk Basung 3 bulan kedepan aman berupa beras.

“Kemudian gudang kami yang ada di Pasaman dan Bukittinggi mempunyai stok di antaranya : gula pasir,  tepung terigu, minyak goreng, beras premium dan daging beku,” ungkapny.

Selanjutnya menjelang hari raya kebutuhan bahan pangan masih aman, untuk pasaman barat daging beku belum lebih pasok  sedangkan untuk daerah Bukittinggi, Payakumbuh dan Agam,  sudah kami lakukan penjualan,” ktanya.

Dari tujuh wilayah Bukittinggi, ada beberapa permintaan dari Pemerintah kabupaten ( Pemkab) / Pemerintah Kota ( Pemkot)  melakukan operasi pasar gunakan untuk menurunkan harga jika ada kenaikan harga pasar salah satu di kabupaten pasaman barat berdasarkan  dari permintaan pemerintah pasaman barat yang dilakukan hari ini. ” Jelasnya.

Ibu Rumah Tangga ( IRT), Lis, mengungkapkan, saya tidak sengaja lewat dan berhenti membeli dengan adanya pasar murah ini jadi terbantu, beli satu paket berupa beras dapat satu minyak goreng gratis. (sep)