ATB Ajak Masyarakat Batam Untuk Hemat Air


BATAMCLICK.COM, BATAM – PT. Adhya Tirta Batam (ATB) mengajak masyarakat agar lebih berhemat menggunakan air. Karena kalau kita lihat dari pertumbuhan Kota Batam yang luar biasa. Dimana saat ini penduduk Batam sudah mencapai 1,3 juta jiwa yang tercatat. Sementara kalau bicara yang tidak tercatat bisa mencapai 1,4 atau 1,5 juta jiwa, maka air kita ini tidak akan cukup untuk anak cucu kita.

” Kalau saat ini kita hanya berharap dari DAM Tembesi yang kapasitas tampungnya cuma maksimum 600 liter perdetik itu hanya akan memperpanjang 3 tahun saja,” ujar Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto kepada para awak media, Jumat (25/5/2019).


BACA JUGA:

Beny juga mengatakan dalam sambutannya, bahwa kita perlu kepastian untuk hidup di Batam. Dan yang perlu kita lakukan pertama mari kita jaga lingkungan hidup,belajar menghemat air. Mari kita tularkan kebiasaan yang baik kepada anak didik kita. Mari kita mengajak mereka untuk menghemat air.

” Pada tahun 2019 saya sedikit berbagi cerita tentang kondisi ATB saat ini. Yang mana kapasitas air saat ini kita olah sebanyak 3300 liter per detik, untuk kapasitas air baku menampung selama 4 tahun,” lanjutnya.

Seperti DAM Sei Harapan selama sebulan terakhir ini kita lakukan penggiliran, karena ketersedian air baku sudah mengkhawatirkan. Tetapi alhamdulillah, saat ini sudah mengalami peningkatan cadangan air di DAM Sei Harapan dari elevasi di minus 2,5 menjadi 1,3 meter. Nanti apabila meningkat elevasi menjadi 1 meter maka penggiliran akan segera kita hentikan. Semoga sebelum lebaran sudah kita hentikan penggilaran tersebut.

” Sedangkan untuk dam lainnya cukup kondusif, meskipun semua dibawa permukaan spillway, tetapi msih didalam elevasi yg undercontrol jdi tidak ada masalah. Semoga selalu demikian dan kondisi cuaca yg kondusif ini dapat memberikan peningkatan cadangan air baku untuk kedepan.

Beny berharap, mari kita jaga lingkungan tangkapan air jangan sampai rusak. Selalu setiap setahun sekali kita berikan contoh agar pihak lain bisa ikut serta memberikan dengan cara gerakan penanaman pohon. Agar ketersedian air baku di Batam terus meningkat. (el)